Monday, June 23, 2008

Yuk.. ke Kidzania.!




KIDZANIA adalah sebuah pusat rekreasi berkonsep EDUTAINMENT yang unik bagi anak-anak usia 2-16 tahun serta orang tuagedungnya.

KIDZANIA dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaran yang berjalan di sekeliling kota.

Di kota ini, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi. Misalnya, menjadi seorang dokter, pilot, pekerja konstruksi, detektif swasta, arkeolog, pembalap F1 dan lebih dari 100 jenis PROFESI dan PEKERJAAN orang dewasa lainnya.





Di KIDZANIA terdapat bangunan-bangunan yang umumnya terdapat di sebuah kota, seperti Rumah Sakit, Supermarket, Salon, Teater, Kawasan Industri, dan banyak lagi (Lihat “Tur Kota”).




KIDZANIA adalah tempat yang AMAN, INTERAKTIF dan MEMILIKI UNSUR PENDIDIKAN YANG TINGGI dimana anak-anak mengenakan seragam dan melakukan peran yang mereka mainkan. Dipandu oleh Zupervizor kami, anak-anak dapat menyelami langsung dunia, profesi atau pekerjaan orang dewasa yang selama ini mereka impikan, serta belajar menghargai nilai uang, seperti di dunia yang sesungguhnya.

Di KIDZANIA, anak-anak menggunakan mata uang resmi, KIDZOS. Dengan demikian, selain anak-anak dapat belajar mengenai profesi, mereka juga belajar menghargai nilai uang dengan cara memilih profesi yang mereka inginkan lalu mendapatkan upah atas jerih payah mereka. Upah yang mereka dapatkan ini kemudian bisa digunakan untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ada di KIDZANIA (Lihat “Ekonomi”).



KIDZANIA adalah sebuah fasilitas indoor, yang berlokasi di Pacific Place Shopping Mall lt 6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta 12190.
Sumber: kidzania.co.id

Kerajinan perak Kota Gede Yogyakarta



SIAPA yang tidak mengenal kawasan Kotagede? Sentra kerajinan perak itu telah menjadi brand image tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Kawasan yang terletak sekitar 10 kilometer tenggara dari Kota Yogya itu menarik wisatawan, khususnya turis mancanegara, karena banyak perhiasan dan aksesoris perak yang ditawarkan di sana.

Selain Kotagede, sebenarnya ada beberapa sentra kerajinan perak lain di Indonesia, seperti Bali dan Lombok. Namun, kerajinan perak Kotagede memiliki ciri khas tersendiri, yakni tetap dipertahankannya proses pembuatan barang kerajinan secara manual. "Sejak dulu sampai sekarang keunggulan produk kami adalah pengerjaan secara manualnya," kata A Rifai Halim, seorang pengusaha perak di Kotagede.

Lokasi perajin perak di Kotagede tersebar merata, mulai dari Pasar Kotagede sampai Masjid Agung. Saat ini sekitar 60 toko yang menawarkan berbagai produk kerajinan perak. Sedikitnya ada empat jenis tipe produk yang dijual, yakni filigri (teksturnya berlubang-lubang), tatak ukir (teskturnya menonjol), casting (dibuat dari cetakan), dan jenis handmade (lebih banyak ketelitian tangan, seperti cincin dan kalung).

Untuk memperoleh sebuah bentuk, banyak proses yang harus dikerjakan seorang perajin. Yanto, perajin perak, menjelaskan, tahap paling awal adalah membuat desain, kemudian memindahkan desain itu ke cetakan. Selanjutnya, lempengan kuningan atau tembaga sebagai bahan dasar didrik dengan memakai timah lunak. "Kalau sudah didrik baru dirangkai. Langkah terakhir adalah pelapisan bentuk yang sudah jadi dengan perak melalui proses penyepuhan."




Yanto menambahkan, sebagian bentuk memerlukan proses yang berbeda. Perak lempengan harus dipahat sedikit demi sedikit dengan lembaran aspal atau lilin atau kawat perak tipis, dan dirangkai sedemikian rupa untuk memperoleh bentuk yang dikehendaki.

Kebanyakan ornamen kerajinan perak Kotagede sangat dipengaruhi oleh motif kain batik. Penentuan harga barang kerajinan perak tidak hanya didasarkan pada besar-kecil atau beratnya, tetapi juga nilai seni dan tingkat kerumitan dalam pengerjaannya.



MENURUT para pengusaha perak di Kotagede, kerajinan perak yang digeluti sebagian besar masyarakat wilayah itu bersifat turun-temurun. Awalnya, jumlah perajin hanya beberapa orang, karena usaha mereka hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan perhiasan atau perlengkapan lainnya bagi raja dan kerabat keraton.

Sebelum berkembang menjadi sentra kerajinan perak, Kotagede merupakan ibu kota Kerajaan Mataram yang pertama, dengan raja pertama Panembahan Senopati. Panembahan Senopati menerima kawasan yang waktu itu masih berupa hutan yang sering disebut Alas Mentaok dari Sultan Pajang, Raja Kerajaan Hindu di Jawa Timur. Kotagede menjadi ibu kota hingga tahun 1640, karena raja ketiga Mataram Islam, Sultan Agung, memindahkannya ke Desa Kerto, Plered, Bantul.

Menurut Rifai, keberadaan perajin perak muncul seiring dengan lahirnya Mataram. "Perpindahan ibu kota ke Plered itu ternyata tidak membuat para perajin ikut-ikutan pindah. Mereka yang biasanya melayani kebutuhan raja itu tetap mempertahankan usahanya dengan menjualnya ke masyarakat umum."

Masa kejayaan Kotagede sebagai sentra industri perak terjadi pada era 1970-1980. Saat itu, jenis barang didominasi oleh alat-alat makan untuk memenuhi permintaan turis asing. "Apalagi, saat itu belum banyak toko yang menjual produk kerajinan perak," kata Rifai.

Menurut Sutojo, Ketua II Koperasi Produksi Pengusaha Perak Yogyakarta (KP3Y) keberadaan perajin perak di Kotagede juga tak luput dari peran Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) yang masuk ke Yogyakarta sekitar abad ke-16 silam. Waktu itu, banyak pedagang VOC yang memesan alat-alat rumah tangga dari emas, perak, tembaga, dan kuningan ke penduduk setempat.

"Berdasarkan data KP3Y tahun 2000, sedikitnya 2.000 orang terlibat langsung dalam mata rantai industri perak di Kotagede. Perajinnya pun tidak hanya dari masyarakat Kotagede, namun sudah meluas. Orang-orang dari Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul banyak datang dan bermukim di Kotagede untuk menjadi perajin perak," papar Sutojo.

Namun, sejak krisis moneter dan maraknya peledakan bom di Indonesia, industri kerajinan perak kian meredup. Bahkan, saat ini ratusan perajin perak terpaksa gulung tikar. Dari sekitar 2.000 perajin, 30 persen di antaranya beralih ke profesi lain seperti kusir andong, usaha warung, dan kuli bangunan.

Perajin yang masih bertahan tidak lagi mengandalkan perak sebagai bahan baku kerajinan. Sekitar 40 persen di antaranya memanfaatkan tembaga dan kuningan sebagai bahan baku alternatif.





Keterpurukan kerajinan perak Kotagede itu diperparah oleh semakin minimnya minat generasi muda menggeluti usaha itu. Mereka lebih memilih bekerja di sektor yang dinilai praktis dan menjanjikan secara ekonomi, misalnya bekerja sebagai buruh pabrik ataupun pegawai negeri.

Perjalanan historis Kotagede sebagai sentra industri perak memang pernah mengalami masa kejayaan. Namun, saat ini kondisinya tengah terpuruk. Untuk mengembalikan masa kejayaan, sepertinya tidak mudah. Kontribusi dari semua pihak jelas dibutuhkan. Persoalannya, sampai saat ini belum ada langkah konkret untuk menyelamatkan sentra perak tersebut.(ONI/ENY) Sumber: kompas.com

China Membidik Produk Merk Dunia



"Jangan buang waktu, anak muda. Saya jamin kau tidak akan menemukan buatan China di sini," kata pemilik toko pakaian Cesari. Toko ini terletak di New Bond Street, London, lokasi toko dan butik yang menjual sebagian dari barang-barang mewah dunia. Bernini, Hugo Boss, D&G, Gucci dan Velentino adalah merk internasional yang dengan mudah bisa ditemukan dalam satu kali perjalanan belanja di sana.



Di toko Bernini, seorang penjaga toko dengan sabar menunjukkan koleksi jas mahal, yang semuanya memiliki tanda made in Italy. Hal yang sama ditemui di toko lain, bahwa harga yang mahal selalu diikuti dengan tanda asal negara yang ekslusif. Lalu kenapa tidak ada barang buatan China, raksasa ekonomi yang sedang merambah naik dan dikenal dengan industri tekstil yang sedang menjamur?

Tidak jauh dari New Bond Street Anda akan sampai ke bagian timur Oxford Street yang populer, dan di tempat ini kemewahan hilang dan harga pun jatuh dengan drastis. Dengan harga hanya beberapa poundsterling, toko-toko di lokasi ini memiliki sasaran konsumen kelas menengah ke bawah dan kebanyakan pakaian yang paling murah harganya adalah buatan China, walau tanpa embel-embel made in China.

Merk-merk terkenal asing seperti Louis Vuitton, Prada dan Giorgio Armani telah hadir di China dan mereka dilaporkan telah menyusun rencana yang lebih ambisius.

"Hal pertama yang ditanyakan oleh pembeli China adalah apa yang paling mahal di toko ini?" ujar seorang pedagang China.

Asosiasi Strategi Merk China mengeluarkan data yang menunjukkan bahwa sekitar 175 juta warga China atau 13 persen dari populasi negara itu, kini bisa membeli barang-barang mewah. Pada tahun 2010, angka itu diperkirakan akan mencapai 250 juta orang, yang diambil dengan asumsi pertumbuhan tahunan mencapai 20 persen dalam lima tahun.

"Tidak diragukan bahwa China adalah pasar yang menjanjikan, dengan Pendapatan Domestik Bruto yang berkembang cepat dan generasi muda yang dengan cepat memiliki selera untuk membeli barang-barang mewah," ujar Michele Norsa, direktur Valentino.

"Para pelanggan kemungkinan menganggap barang produksi China dibuat dengan biaya murah dan mutu yang rendah. Pembeli masih menginginkan hal yang berbau made in Italy atau Made in France," ujar Norsa.





Para pengamat mengatakan banyak perusahaan China, yang masih menyesuaikan diri dengan dorongan pemerintah untuk menumbuhkan ekonomi berorientasi pasar, belum sadar benar dengan kepentingan memiliki merk yang terkenal secara internasional. "Membangun merk seperti itu memerlukan banyak sumber daya, seperti waktu, keahlian dan dana," ujar Dennis Zhang, seorang peneliti di Beijing.

"Masalah sebenarnya adalah, bahkan jika mereka memiliki sumber daya pun, mereka kemungkinnan tidak sabar untuk mengejar sukses dalam waktu lama," katanya.

Lemahnya perlindungan hak intellectual property, masih merupakan penghalang pembuatan merk. Para pengusaha China berprinsip, sebelum sebuah merk menjadi terkenal, versi palsunya yang sangat mirip namun kualitasnya rendah, bisa jauh lebih menguntungkan secara finansial. "Perusahaan-perusahaan China harus bekerja keras untuk mengubah keadaan ini," ujar Zhang.

Ada pepatah di China bahwa bunga buatan sendiri tidak seharum bunga-bunga yang ditanam di tempat lain, dan ada keyakinan yang sudah mendarah daging bahwa barang-barang buatan lokal tidak bagus.

Namun tidak semua pengusaha China hanya membidik pasar dalamnegeri. Sejumlah merk dalam negeri China telah membuat terobosan. Contohnya adalah minuman keras yang dipuji dan berharga mahal, Maotai, bisa dengan mudah menjadi merk mewah China pertama di pasar dunia.

Shanghai Tang, merk pakaian untuk pasar eksklusif tidak dikenal di China daratan, namun kini semakin populer di Hong Kong.

Sejumlah pembuat barang mewah internasional dilaporkan sedang mempertimbangkan memindahkan lokasi produksi barang seperti pakaian kasual dan barang-barang kulit ke China.



Para pengamat memperkirakan bahwa barang-barang mewah buatan China bisa mengakar di butik-butik eksklusif Paris dalam beberapa dekade. Dan hal yang sama akan juga terjadi di New Bond Street, London. (BBC/Adi)

Wisata udara dengan Microlight ..Mengasyikkan !



Salah satu bentuk rekreasi yang jarang dilakukan orang adalah “terbang” dengan menggunakan pesawat ringan. Bentuk rekreasi yang berhubungan dengan “terbang” di alam bebas ini memang belum menjadi bagian dari wisata umum, tetapi sudah ada beberapa perusahaan terbang komersial yang memfasilitasi rekreasi ini dengan memanfaatkan helikopter. Untuk ikut serta dalam tur udara dengan jenis pesawat nonkomersial ini memang tidak ada jadwal tertentu. Pengikut tur udara ini memerlukan kesiapan mental dan keberanian ekstra yang memicu hormon adrenalin ketika berada pada ketinggian antara 2000 – 5000 kaki (dpl), melayang-layang bak burung, sambil menikmati pemandangan alam perkotaan, pegunungan dan lautan.

Dengan menggunakan pesawat jenis “trike” atau sejenis gantole bermesin tunggal, Griya Asri berkesempatan untuk turut serta dalam touring Lido – Pangandaran, pulang pergi. Tur yang diikuti oleh sekitar 28 pesawat sport jenis microlight ini merupakan kegiatan rutin bagi para pencinta terbang, dibawah organisasi FASI (Federasi Air sport Indonesia).

Pesawat microlight ini adalah jenis pesawat berpenumpang 2 orang dengan mesin tunggal, ada yang bersayap gantole (flexible wing) dan ada juga yang bersayap fixwing. Daya jelajah jenis pesawat super ringan dengan tangki penuh bahan bakar ini dapat mencapai durasi terbang antara 3 sampai dengan 4 jam, dengan kecepatan rata-rata antara 80 km/jam s.d. 150 km/jam. Jarak darat yang ditempuh untuk 1 leg penerbangan relatif cukup jauh, yaitu antara 80 km sampai dengan 150 km atau 1 – 2 jam penerbangan. Setelah 2 jam penerbangan biasanya pilot dan penumpang membutuhkan istirahat (landing) sejenak untuk meregangkan otot serta melakukan biological break (ke toilet). Pada saat istirahat ini biasanya dilakukan pemeriksaan kondisi pesawat serta pengisian bahan bakar. Karena itu lintasan tur ini juga bergantung pada kesediaan landasan udara dalam trayeknya, sebagai stasiun untuk pengisian bahan bakar dan istirahat.




Pada tur yang diikuti Griya Asri pada bulan April 2006 lalu, trayek yang ditempuh adalah Lido – Bandung (Lanud Soelaiman) – Tasikmalaya (Lanud Wiriadharma) – Landasan Pantai Pangandaran (dikenal sebagai Landasan Susi, diambil dari nama ibu Susi yaitu pengusaha eksportir hasil laut yang merintis penerbangan langsung untuk ekspor hasil laut dari pengandaran ke Singapura dengan pesawat Cessna Caravan). Griya Asri pada perjalanan ini menggunakan pesawat Trike Airborne dengan mesin Rotax –582 dengan pilot Ir.Bambang R.D. Adapun kecepatan jelajah pesawat ini rata-rata 90 km /jam.

Perjalanan yang menempuh jarak darat kurang lebih 360 km ini memakan waktu sekitar 4 jam, melewati beberapa kota, antara lain; Sukabumi, Bandung, Cicalengka, Tasikmalaya dan beberapa gunung seperti Pangrango, Malangbong – Papandayan serta laut selatan di Pangandaran.

Terbang di atas kota-kota Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya akan terlihat jalan-jalan raya, jalan desa, jalan kereta, jembatan, terowongan, pasar, rumah penduduk, masjid, sekolah, gedung, mal, stadion, seolah maket hidup yang terhampar luas dengan kepadatan kota yang tinggi.

Ketika memasuki wilayah pedesaan diantara kota-kota tersebut terlihat pemandangan area danau, sungai, saluran irigasi, persawahan, perkebunan, hutan, tanaman industri, dan empang penduduk yang rumah-rumahnya terlihat nyaman, lapang dan asri.

Diatas wilayah rural yang masih alami, sungai, air terjun, hutan yang lebat, lembah, danau, gunung, bukit-bukit yang terjal terlihat hijau rapat dan menakjubkan. Bahkan laut selatan yang biru terlihat diantara pegunungan yang diselimuti awan merupakan pemandangan yang luar biasa indah.

Perbandingan bentang alam dan manusia yang berada di bawah sana dengan kita yang berada di udara diantara keluasan langit dan gumpalan awan sangatlah kontras, sangat mungkin akan timbul perasaan tidak berdaya atau merasa “nothing” dan menekan rasa sombong, digjaya atau merasa kaya. Timbulnya rasa ini merupakan efek positif bagi siapapun karena manusia sangat “kecil” dibandingkan alam yang maha luas dan memilki hukum-hukum alam yang tidak akan dapat diatur manusia.

Rasa takut pada ketinggian mungkin juga timbul manakala terasa adanya turbulensi yang menerpa pesawat atau kondisi kerapatan awan yang kadang menerjang, Namun tersebut dapat diatasi manakala persiapan pesawat dan pengetahuan tentang navigasi atau ramalan cuaca telah diketahui sehingga dapat diantisipasi dengan mengatur route yang ditentukan sesuai dengan regulasi penerbangan.

Risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan merupakan hal yang perlu diantisipasi agar dapat dihindari yaitu dengan kesiapan pesawat, manusianya dan mengikuti semua prosedur & peraturan keselamatan penerbangan yang ada. Hal yang paling penting adalah perlunya kesadaran bahwa dimanapun kita berada selalu ada risiko besar bila tidak siap.

Kenyamanan dan pengalaman menikmati perjalanan udara ini merupakan hal yang positif dalam mengatasi ego manusia yang seringkali merasa “hebat” dan “besar”, karena dengan sudut pandang yang berbeda (bird eyeview) maka timbul persepsi baru yang lebih proporsional dan bijak. (Ad)





Tips untuk terbang bagi “penumpang” Microlight :

Kondisi badan sehat dan tidak takut terbang (fobia terbang).

Memakai pakaian yang layak untuk terbang seperti celana panjang, jaket tebal, sepatu, sarung tangan, helmet dan headphone dg microphone (headset) untuk berkomunikasi dengan Pilot dan menahan hempasan angin atau suhu yang lebih rendah sampai dengan 10 0C jika ketinggian di atas 5000 kaki. Helmet dan headset pada umumnya sdh tersedia di pesawat.

Tidak diperkenankan memakai aksesori yang mudah lepas seperti slayers, hiasan-hiasan atau tali pakaian, agar tidak mengenai propeller atau tersangkut pada mesin

Membawa barang seperlunya pada tas yang terikat kuat di badan, agar tidak lepas, seperti kamera, botol minuman.


Bersikap tenang, tunduk pada ketentuan pilot / penerbangan

Terbang dengan microlite, menyadarkan kita betapa kecilnya kita dibandingkan dengan kekuasaan sang Pencipta, oleh karena itu selalu berdoa kepada Allah agar diberikan keselamatan dan kelancaran dalam penerbangan.

Di mana tempat-tempat untuk terbang dg Microlight ?

Di Jakarta dan sekitarnya tempat-tempat berikut memiliki sarana untuk terbang dengan Microlight, baik sebagai penumpang (introductory flight) atau bagi yang ingin serius belajar menjadi penerbang (Pilot Microlight):

Lido Solowing Club, lokasinya di landasan Lido (Lido Air Strip), kawasan Lido Bogor, Jawa Barat.
Cibubur, landasan Cibubur (Cibubur Air Strip), kawasan Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur
Landasan Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang - Jawa Barat.
Landasan Udara Sulaiman, Bandung. Kawasan Kopo Bandung Selatan.

Jika ingin mencoba terbang di sarankan untuk datang pada akhir pekan agar tidak kecewa, karena kebanyakan penerbang microlite baru hadir pada akhir pekan untuk melakukan hobby terbangnya. Tetapi di lokasi tertentu seperti di Lido, biasanya meskipun pada hari kerja tetap ada penerbang yang standby.

Sebaiknya untuk mencoba terbang, dilakukan pada pagi hari (sebelum jam 9 pagi), karena cuaca pada umumnya masih bagus serta belum ada thermal karena pemanasan bumi oleh sinar matahari yang dapat menyebabkan turbulensi yg membuat pesawat menjadi berguncang.

Sumber : griya-asri.com

Friday, June 13, 2008

Bagaimana Menghasilkan Uang Saat Liburan ?



Anda tengah menikmati liburan akhir pekan ?. Kalau anda seorang pegawai atau karyawan, pasti masa liburan seperti sekarang ini sangat anda nantikan. Dan anda manfaatkan penuh untuk refreshing, melemaskan kembali otot-otot yang tegang setelah berhari-hari dipenuhi tugas kantor yang tak pernah selesai.
Berkumpul bersama keluarga tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk bersantai. Bisa dengan mengajak keluarga berwisata ke suatu tempat, makan bersama di restoran terkenal, atau berkunjung ke sanak saudara di lain kota.

Apapun yang anda lakukan pastinya diusahakan tak ada kaitanya dengan tugas kantor anda. Bahkan barangkali segala hal yang terkait dengan pekerjaan kantor anda, sebisa mungkin anda singkirkan jauh-jauh dari pandangan anda.
Ok.

Saya sangat paham apa yang anda rasakan. Setiap orang pastilah butuh saat-saat tenang. Tanpa harus selalu dikelilingi oleh pekerjaan kantoran yang (mungkin) membosankan dan tak bakal pernah ada habisnya itu. Hidup memang memerlukan keseimbangan.

Namun, waktu liburan seperti pada akhir pekan bukan berarti kemudian penghasilan ikut berhenti. Kita tetap bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang, sambil tetap menikmati liburan tentunya. Dan cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan memiliki bisnis online yang selalu mengalirkan uang. Bisa lewat situs web, blog, maupun bisnis online lainnya.

Kalau saat liburan, biasanya traffic (pengunjung situs web) memang tidak terlalu ramai. Karena tidak banyak orang yang online. Meskipun demikian, bukan berarti tak ada yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga pundi-pundi uang mengalir lancar. Kalau saya, biasanya yang dilakukan seperti ini:

* Menjawab pertanyaan.
Menanggapi pertanyaan pengunjung sangat penting bagi perkembangan bisnis apapun. Sebab, dengan begitu penanya merasa diperhatikan. Hal ini menunjukkan kalau anda memang orang yang terbuka dan berniat mengembangkan komunikasi dua arah. Bagi bisnis, keterbukaan sangat penting nilainya untuk meraih kesuksesan.

* Menjalin hubungan.
Membangun hubungan dengan blogger atau pebisnis online lainnya sangat penting untuk kesuksesan bisnis online anda. Bisa jadi, lewat hubungan yang terjalin mesra selama ini tercipta kesepakatan-kesepakatan bisnis, rekomendasi, atau mungkin tambahan link dari situs web lain. Meski sepertinya sepele, punya hubungan baik dengan banyak pihak akan sangat membantu bisnis online anda. Biasakan berhubungan dengan mereka lewat email atau instant messenger. Meski sekadar cuma “say hello” menanyakan kabar, pasti nantinya ikut berpengaruh terhadap bisnis anda.

* Lakukan SEO (Search engine optimization)

Traffic yang ramai adalah sumber uang yang melimpah. Karena itu, sebisa mungkin situs web atau blog harus nangkring di urutan atas search engine. Untuk itu tak ada jalan lain selain melakukan Search Engine Optimization (SEO). Seperti dengan menambahkan atau memperbaiki keyword.

* Membuat perencanaan minggu depan.

Terutama sebelum weekend, biasanya saya sudah siap dengan perencanaan untuk minggu depannya. Sehingga begitu saatnya tiba, saya tak bingung lagi apa yang harus dilakukan. Dengan membuat planning yang jelas akan sangat menghemat dan mengefektifkan waktu kita.


* Tetap Belajar.

Saat liburan, saya biasanya menyediakan waktu khusus untuk membaca. Dan ini bisa dilakukan sambil menemani sang buah hati. Saya bisa baca buku atau ebook yang telah didownload sebelumnya. Dengan selalu meng-upgrade pengetahuan yang dimiliki, kita akan selalu siap untuk mengembangkan bisnis kita.

Memang aktivitas di atas tak ada yang langsung menghasilkan uang. Tapi dengan melakukan aktivitas tersebut secara konsisten akan memperlancar bisnis online anda untuk berkibar dan merengkuh kesuksesan. Sehingga uang pun akan terus mengalir ke kantong anda tanpa kenal libur.
Kalau anda, apa yang dilakukan untuk menghasilkan uang saat liburan? Info tentang cari uang lainnya? klik di http://www.mesinuangku.com

sumber: http://www.mesinuangku.com

SOP KONRO DAENG BASSO...



Kesempatan langka terjadi. Baru satu-satunya restoran Sop Konro menawarkan kerja-sama dalam bentuk Franchise. Makanan tradisional dengan cita rasa Internasional yang menggunakan ramuan bumbu dari kekayaan rempah-rempah asli Indonesia .

Bisnis makanan memiliki pertumbuhan yang signifikan, peluang untuk berkembang sangat luas. Tidak mengenal resesi, bisnis makanan khas tetap memiliki pasar tersendiri dan merupakan pilihan pertama bagi Investor dalam berinvestasi.

Seiring dengan tingkat kejenuhan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan ala Barat atau Chinese Food, maka Sop Konro merupakan salah satu pilihan makanan khas tradisional yang melintasi selera multi etnis.

Sop Konro merupakan makanan khas daerah Makasar dengan bahan baku daging iga sapi dengan penyajian tulang iga menjulur di atas piring, Disajikan dengan kuah panas berbumbu rempah-rempah khusus tersebut makin diminati oleh orang Indonesia pada umumnya sampai pada selera masyarakat mancanegara seperti orang Singapore dan Malaysia



Dengan sistem kerja-sama Franchise pembukaan restoran maka akan dijamin pembeli Franchise mendapatkan hasil sajian makanan yang standart untuk cita rasa dan pelayanannya.

Kami sangat yakin, Sop Konro DAENG BASSO bakal cocok dengan lidah seluruh masyarakat Indonesia , meskipun untuk mereka yang belum pernah mencicipi. Dan menjadikan ketagihan untuk mereka yang gemar makan daging iga sapi.

Kelezatannya bahkan bisa mengimbangi kelezatan RIBS ala Barat karena bahan bakunya sama-sama dari tulang iga sapi. Yang satu bumbunya berasal dari Negara Barat alias Amerika , yang satu berasal dari daerah timur Indonesia atawa Makasar.




Berdiri sejak 18 tahun silam, usaha yang dirintis dari mengandalkan keahlian memasak secara otodidak lelaki asal Malino Makasar yang bernama lengkap Syamsuddin Daeng Basso ini tidak pernah sepi pembeli. Dari gerai pertama yang berada di pasar Ikan pantai Losari Makasar, pada awal tahun 2005 beliau hijrah ke Jakarta dan membuka gerai di ITC Cempaka Mas Lt 5.

Kelezatan Sop Konro terletak pada kuahnya yang mengandung berbagai jenis bumbu rempah-rempah asli Indonesia sehingga terasa istimewa gurih dan selalu mengundang rindu untuk menikmatinya. Disamping itu cara memasak daging iga sapi menjadi empuk dan lembut untuk dinikmati merupakan keunggulan rahasia resep tersendiri.

Selain itu resto Daeng Basso juga menghidangkan Konro Bakar dengan bumbu kacang khas, Sop Saudara, serta makanan kudapan favorit khasa makasar berupa Es Pisang ijo dan pisang Epek. Selain itu dikembangkan menu favorit yang tidak kalah lezatnya , berupa Konro Steak dan Konro Goreng.



Tentu saja, tidak gampang menyediakan kwintalan bahan dagin iga sapi dengan panjang tulang tertentu untuk menghidangkan sop konro dan konro lainnya. Apalagi bila nantinya gerainya kian banyak seiring berjalannya sistem franchise ini. Tak perlu khawatir Konro Daeng Basso telah siap dengan jaringan pemasok andalannya dengan mutu daging yang sesuai standard.




Semua daging sapi, tulang iga, jerohan dan lainnya telah diolah pada satu dapur pusat sehingga tingkat ke-empuk-an daging memenuhi standar baku . Kemudian dikirimkan ke gerai-gerai dalam keadaan masak dan hanya memasukkan bumbu sesuai takaran juga. Dengan demikian akan terjamin rasa dan kualitas hidangan dari satu gerai ke gerai lainnya. Itulah salah satu keunggulan yang ditawarkan jaringan Konro Daeng Basso.

Lokasi yang telah berdiri:

ITC Cempaka Mas Lt 5 No. 51
Jl. Let Jend Suprapto. Jakarta Utara

Pondok Bambu Spot (dh HERO Pondok Bambu) Lt 2
Jl. Pahlawan Revolusi. Jakarta Timur
MENU

Makanan Spesialisasi
*. Sop Konro (Iga sapi dan kuah)
*. Konro Bakar (Iga sapi bakar dengan saus kacang khas)
*. Konro Steak (Iga sapi bakar dgn BBQ sauce disajikan dengan kentang dan sayuran)
*. Konro Goreng (Iga sapi goreng dan kuah)
*. Konro Bakso (Iga sapi kuah dan bakso urat)
*. Konro Pecel (Sayuran pecel disajikan dengan iga sapi goreng)

Makanan Khas Lainnya
*. Coto Makassar ( Daging, jerohan dan kuah)
*. Sop Saudara (Paru goreng, daging, jerohan, kuah)
*. Ayam Bakar/ Goreng Khas (Ayam bakar/goreng dengan saus kacang khas)
*. Ikan Bakar Khas (Ikan bandeng bakar dengan saus kacang khas)
*. Buras ( Lontong dimasak dengan santan)
*. Ketupat

Minuman / Snack
*. Es Pisang Ijo * Pisang Epek *. Es Pallubutung * Kroket * Es Markisa * Jalangkotek

sumber: waralabacom

Tips berhemat BBM




Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat para pemilik kendaraan makin perhatian terhadap angka konsumsi BBM. Kenaikan per awal bulan ini memaksa sebagian besar pemilik kendaraan menghitung kembali budged pengeluaran bulanan untuk kendaraannya. Yang pasti, dengan jarak tempuh yang sama harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

Untuk pengendara yang mengemudikan mobil dengan perangkat Multi Information Display (MID) bisa dengan mudah memantau pemakaian BBM. Lalu, bagaimana kalau angka MID menunjukkan pemakaian BBM yang boros? Boros tidaknya pemakaian BBM juga tergantung dari gaya mengemudi, selain faktor teknis mekanis tentunya..

Berikut beberapa tips dan trik yang perlu dilakoni untuk menekan anggaran BBM :

1. Jangan Menghentak.

Injakan harus stabil dan bertahap. Kalau pedal gas diinjak secara tiba-tiba, otomatis bahan bakar yang akan dihisap ke ruang bakar juga semakin banyak. Sementara, pada saat itu putaran mesin masih rendah. Akibatnya tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terbakar. Ini yang disebut dengan pemborosan. Karena, bahan bakar yang masuk tidak keluar dalam bentuk tenaga, tetapi ikut terbuang lewat knalpot.

2. Kenali RPM Mesin.

Salah satu cara membuat konsumsi BBM yang efisien adalah melakukan pergantian gigi (transmisi) yang tepat, yaitu pada saat mesin mencapai torsi maksimum (momen maksimum).

Pemindahan gigi ketika mobil tengah membutuhkan torsi (daya dorong) yang besar, sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan keterangan mengenai moment maximum (torsi maximum) masing-masing mobil (biasanya dalam satuan kgm/rpm). Sementara, apabila kendaraan sudah bergerak (di mana daya dorong tidak diperlukan), paling efisien bila melaju dengan RPM di antara 2.500 s/d 3.500 dan dengan gigi tertinggi.

Contoh, data teknis pada manual book tertulis torque maximum: 200Nm/3750rpm. Ini berarti momen tertinggi sebesar 200Nm terjadi pada saat mesin berputar sebanyak 3750 per menit.

Pada contoh ini, berarti sebaiknya kita melakukan perpindahan gigi ketika rpm menunjukkan kisaran angka 3750. Angka RPM dapat dilihat di tachometer yang berada pada dashboard mobil.

Angka RPM di tachometer amat penting diperhatikan. Untuk mengefektifkan konsumsi BBM, saat melaju di jalan pertahankanlah putaran mesin pada kisaran torsi maksimum tersebut. Karena, pada saat itulah suplai BBM sangat sesuai dengan output yang dihasilkan mesin.

Satu kebiasaan yang seringkali dilupakan pengendara adalah: tidak segera menyesuaikan gigi persneling setelah penurun kecepatan (deselerasi). Setelah berlari kencang lalu tiba-tiba mengerem mendadak, sebaiknya juga mengoper gigi perseneling ke posisi lebih rendah.

3. Ukur HC dan CO.

Boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar juga ditentukan oleh komponen-komponen mesin. Komponen mesin yang sudah banyak mengalami keausan / kerusakan bisa menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna.

Untuk mendeteksinya, periksa emisi gas buang. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan nilai HC (hidrokarbon) dan CO (karbonmonoksida) terlalu tinggi, ini pertanda pembakaran di ruang bakar tidak sempurna (banyak bahan bakar terbuang percuma).

4. Beban dan Penggerak.

Faktor lain yang menentukan konsumsi bahan bakar adalah beban dan penggerak (pendorong kendaraan). Semakin berat beban yang harus diangkut, konsumsinya juga akan semakin besar. Yang dimaksud penggerak di antaranya: kopling, bearing (roda), kopel (propeler shaft), as roda, dan roda.

Bila komponen-komponen ini aus atau rusak, akan menyebabkan hilangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk mendorong mobil mejalu. Sementara, konsumsi bahan bakarnya tetap besar. Terkait dengan roda, penyematan ban dan velg besar, termasuk juga faktor yang mempengaruhi konsumsi bbm.

Berikut, tips lain yang patut diperhatikan pula :

1. Kebiasaan ke luar kantor makan siang/malam, lebih baik dikurangi. Membawa bekal/delivery tampaknya lebih baik.

2. Jika bepergian, ajaklah keluarga / rekan yang satu tujuan/kehendak untuk pergi bersama dalam satu kendaraan. Untuk urusan yang sama tak perlu harus menjalankan dua atau tiga kendaraan sementara dengan satu unit saja sudah cukup.

3. Beralih ke angkutan umum seperti busway, KA, atau metromini.

4. Ketika jalanan macet, saat ke luar kota, sebaiknya berhenti dulu. Berganti aktivitas lain seperti istirahat, makan, ke kamar kecil, atau mengisi BBM hingga kemacetan terurai.

5. Mengemudilah dengan smooth. Kurangi frekwensi pengereman. Saat menghadapi lampu merah tidak perlu menggeber gas, biarkan mobil meluncur kerena harus berhenti. Kurangi frekwensi nggeber gas lalu mengerem. Tindakan ini merupakan langkah pembuangan energi yang sia-sia.

6. Saat meluncur atau menurun, persneling jangan diposisikan pada neutral. Efek engine brake terbukti lebih menghemat BBM daripada stasioner.

7. Nyalakan AC seperlunya.

8. Minta bengkel melakukan setting timing yang tepat sesuai dengan jenis bahan bakar yang dipakai. Titik pengapian terlalu maju atau mundur mengakibatkan boros BBM.

7. Bersihkan saringan udara (bisa dilakukan sendiri) per 2.500 km atau tergantung kondisi.

8. Jangan memanaskan mobil terlalu lama, maksimum 2 menit saja. Warming-up mesin selama 30 menit, sama artinya dengan terjebak macet selama 30 menit juga.

9. Carilah rute / jalan alternatif yang tidak macet, agak jauh sedikit asal lancar tetap lebih mengirit.

Komunitas pekerja Bersepeda Indonesia




Berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung yang punya semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah KOMUNITAS PEKERJA BERSEPEDA (Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004. Seiring dengan berjalannya waktu, peminat alternatif moda transportasi selain kendaraan bermotor ini semakin berkembang, hingga dirasa perlu untuk dibuat wadah agar gerakan ini dapat semakin tersosialisasi.
Pada 27 Agustus 2005 dilakukan Deklarasi & Pernyataan Bersama Komunitas Bike to Work Indonesia di Balai Kota DKI Jakarta, yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal kelahiran Komunitas B2W-Indonesia. Berikutnya, kepengurusan B2W Indonesia yang pertama dibentuk pada 27 Januari 2006. Selanjutnya Komunitas ini bertekad mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai alternatif moda transportasi, terutama untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Dari sekitar 15 orang pada awal kampanye di 2004, kemudian 'hanya' 150 orang B2Wers yang hadir pada saat Deklarasi di tahun 2005 tersebut, pada peringatan hari jadi Komunitas B2W Indonesia 2 tahun kemudian di 2007, tercatat jumlah anggota komunitas ini telah mencapai hampir 5000 orang. Hanya dalam periode 2 tahun, pertumbuhan peminat pengguna sepeda untuk mendukung aktivitas sehari-hari telah mencapai lebih dari 3000% atau 30 kali lipat!!! Suatu bukti bahwa gerakan moral komunitas ini memperoleh banyak tempat di hati masyarakat.

Agustus 2008 ini akan menjadi ulang tahun ke-3 Komunitas ini. Untuk memperingatinya sekaligus mengkampanyekan gerakan moral yang mulia ini, Komunitas B2W Indonesia akan menyelenggarakan perhelatan besar berskala nasional dengan harapan agar gaung seruan ajakan menggunakan sepeda untuk beraktivitas sehari-hari semakin dahsyat dan pada akhirnya mampu menginspirasi lebih banyak orang. Ujung-ujungnya tentu diharapkan berdampak positif, karena selain meningkatkan kualitas manusia Indonesia secara fisik dan psikis (tidak lagi stress karena macet dan memikirkan besarnya pengeluaran transport), juga meningkatkan kualitas udara dan melestarikan lingkungan.





Sesungguhnya setiap saat selalu menjadi momen yang tepat bagi komunitas ini untuk berkampanye. Hanya kali ini dengan skala yang lebih besar dan secara serentak kita akan bersama-sama melakukannya. Tidak mungkin perhelatan akbar tersebut dapat terlaksana tanpa bantuan dan dukungan rekan-rekan seperti halnya semua event yang pernah diselenggarakan komunitas ini. Sekali lagi, diharapkan kesediaan rekan-rekan untuk bahu membahu membesarkan komunitas tercinta ini melalui penyelenggaraan event milik kita sendiri. Murni milik kita sendiri.

Siapkan diri rekan-rekan untuk mendorong komunitas menapaki milestone berikutnya. Milestone yang merupakan misi Komunitas, yang akan mengantarkan Komunitas ini menuju visi dan cita-citanya. Jadilah bagian dari sejarah. Sejarah tumbuh dan berkembangnya sebuah Komunitas yang perduli serta bertujuan mulia.

sumber: http://b2w-indonesia.or.id

Unik...Boneka Berbusana Muslim



Membikin boneka dengan menonjolkan karakter keislaman, bisa jadi menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Arrosa telah membuktikannya dengan mengalirnya pesanan setiap bulannya dari pasar dalam negeri dan mancanegara. Keuntungan usahannya lumayan menarik
Siapa tak kenal boneka? Semua orang, khususnya kaum hawa, dari bayi hingga dewasa, tentu mengenal alat permainan ini, setidaknya pernah melihat atau menyentuhnya. Menurut sebuah catatan, boneka muncul untuk pertama kalinya pada 3.000 tahun sebelum masehi. Awalnya, permainan ini dibuat untuk dijadikan obyek dalam ritual keagamaan atau upacara adat. Dalam perkembangannya, boneka juga mengalami evolusi baik aplikasi maupun penggunaannya. Boneka selain berfungsi sebagai mainan, juga sebagai penghias ruangan, koleksi, atau teman tidur bahkan sebagai gift untuk perisitiwa tertentu.

Selanjutnya, benda ini dijadikan pula sarana penunjang kegiatan pendidikan atau pengajaran dini untuk menebarkan nilai-nilai Islam, seperti yang dilakukan Arrosa, produsen boneka berkarakter nilai Islami. Arrosa sendiri dalam Bahasa Arab berarti boneka, juga merupakan merek dagang boneka berbusana muslimah. “Latar belakang munculnya Arrosa sebenarnya alternatif dari berbagai macam boneka yang sudah beredar di pasar. Tapi, karena boneka-boneka itu pada umumnya memakai busana biasa, kami mencoba menawarkan boneka yang berbaju muslimah ini,” kata Umining Dwi Kusminarti (Atiek), kreator Arrosa.

Selain itu, Asrul Iman melanjutkan, kehadiran boneka berbusana muslimah semacam ini sangat penting bagi anak-anak. “Sebab, sebaiknya, sedini mungkin mereka diperkenalkan atau dididik mengenai segala sesuatu dalam Islam, tanpa mengecilkan peran boneka-boneka lain, tentunya. Singkat kata, boneka Arrosa hanyalah alternatif sekaligus menginformasikan bahwa saat ini telah tersedia boneka yang khusus untuk muslimah,” ucap rekanan yang menangani bagian promosi, pemasaran, dan keuangan ini.

Arrosa untuk sementara ini cuma menyediakan boneka perempuan berbusana muslim. Ikhwal usaha boneka muslimah ini pertama kali muncul pada Agustus 2005 dengan modal awal sekitar Rp20 juta. Layaknya sebuah terobosan baru, dari 200 boneka yang didandani busana muslim ini, hanya puluhan yang diserap pasar. Tapi, setelah pasar mulai mengenalnya, dalam jangka waktu delapan bulan, 800 boneka laris manis bak kacang goreng. “Semula, penjualan berjalan sangat lamban. Sebab, hanya saya yang menjalankan. Tapi, setelah lebaran dan Asrul yang kebetulan mempunyai cukup banyak jaringan ikut bergabung, penjualan pun meningkat sedikit demi sedikit. Bahkan, saat ini kami sedang kewalahan memenuhi pemesan dari Balikpapan sebanyak 100 boneka,” kata Atiek.




Apa yang diungkapkan Atiek bukanlah sebuah kesombongan atas tanda-tanda sukses mereka. Lebih dari pada itu, Atiek mengemukakan sebuah “keluhan” atas kendala yang dihadapi bisnisnya. Permintaan besar namun kapasitas produksi masih terbatas. Sejauh ini, di bagian produksi, dia hanya dibantu oleh tujuh ibu rumah tangga di lingkungan Bojong Gede, lokasi workshop Arrosa. Status para “karyawan” inilah yang membuat Atiek dan Asrul tidak dapat mem-push mereka, untuk lebih giat lagi berproduksi sehingga target terpenuhi. Kondisi ini, juga membuat mereka menahan diri untuk tidak over expose. Karena, mereka khawatir tidak mampu memenuhi permintaan atau pemesanan. “Kami juga hanya dapat membayar mereka, berdasarkan berapa banyak yang bisa mereka hasilkan dalam kurun waktu tertentu,” ujar Asrul. Untuk mengatasi kondisi ini, Arrosa menjalin kerja sama dengan panti rehabilitasi cacat fisik pada Mei nanti, sebuah pesantren di Bekasi dan Ciawi, serta dengan departemen perindustrian dan penjahit profesional.

Arrosa tampaknya sangat paham akan kemauan konsumen. Bukan apa-apa “keluhan” para konsumen selama ini, adalah boneka yang ada di pasar didominasi produk Cina yang bertampang bule. Padahal konsumen ini menurut Atiek menginginkan boneka berwajah Asia atau negara-negara Islam lain. “Nanti, kalau Arrosa sudah berkembang, kami akan mencetak sendiri boneka yang lebih pantas untuk busana muslimah ini,” kata Atiek yang juga berencana mendadani boneka-bonekanya dengan busana pengantin muslim, berbagai baju adat di Indonesia, dan membuat baju muslim untuk boneka laki-laki, serta aksesori seperti sajadah, tasbih, dan musholla.

Arrosa yang menurut pengakuan Asrul memiliki standar kualitas 30% di bawah boneka Barbie ini, dijual dengan harga Rp55 ribu per buahnya. “Kami tidak menjual langsung ke end user. Melalui tangan kedua, boneka-boneka ini dijual dengan harga Rp75 ribu–Rp80 ribu,” ucap Atiek yang juga menyediakan busana-busana muslimah seukuran bonekanya dengan harga Rp25 ribu–Rp30 ribu. Dengan total penjualan dan pemesanan sebanyak 500 boneka, maka dalam sebulan Arrosa meraup omset lebih dari Rp20 juta.

Boneka yang digemari anak-anak hingga perempuan dewasa, terutama yang berkerudung ini, sebenarnya lebih banyak dibuat berdasarkan pesanan terutama dari Tuban (Jawa Timur), Yogyakarta, Bali, Bandung, Duri (Riau), Pekanbaru, Singapura, dan Abu Dhabi (Uni Emirat Arab). Namun, bagi konsumen yang ingin membeli langsung, Arrosa juga membuka gerai di Mangga Dua dan Kalibata (Jakarta), Bojong Gede (Bogor), Bandung, Cimanggis (Depok), Pekayon (Bekasi), dan berikutnya di Cikarang (Bekasi).

Untuk menciptakan kesan eksklusivitas produknya (limited edition), Arrosa yang mereknya dipatenkan sejak Januari lalu cuma mendandani satu gaya busana baik kasual, semi formal, maupun formal dengan motif dan warna berbeda untuk setiap 50 boneka. “Kami mengistilahkannya dengan seri atau model sama tapi motif dan warna berbeda,” kata Atiek yang untuk busana bonekanya menggunakan bahan sifon, songket, satin, sari, dan piskin.

Arrosa adalah sebuah strategi diferensiasi produk yang gencar dilakukan oleh perusahaan di jaman yang serba kompetitif ini. Tujuan akhir tentu sudah mudah ditebak yakni mengisi ceruk pasar yang tidak bisa digarap oleh produsen yang ada (incumbent player). Lazimnya sebuah terobosan inovasi bisnis dan sebuah peluang usaha, potensi untuk meniru pasti selalu ada. Jika tidak menyiapkan langkah antisipasi untuk terus bertahan dengan sejumlah inovasi produk dan pasar, maka mereka akan tergerus oleh pesaing. Arrosa ibarat pepatah sambil menyelam minum air, sambil syiar sekaligus berbisnis, bukan begitu?

sumber: majalahpengusaha.com

Senam OTAK untuk Merangsang Kecerdasan Bayi




SELAIN faktor genetik, kecerdasan seorang bayi atau anak juga tergantung pada faktor lingkungan. Di antaranya, nutrisi yang baik, imunisasi, dan stimulasi atau rangsangan.

Bayi yang mendapat rangsangan secara tepat dan berkesinambungan tentu akan mempengaruhi perkembangan otaknya. Dengan begitu diharapkan perkembangan fisik, mental, dan intelektualnya akan melampaui kemampuan dasar atau potensi genetiknya.

PENELITIAN membuktikan bahwa pengalaman dan rangsangan yang diterima pada tahun pertama kehidupan akan berpengaruh pada perkembangan dan fungsi otaknya di kemudian hari.

Kartini Sapardjiman, Ketua Senam Otak Indonesia, mengatakan, kecerdasan bayi juga bisa dioptimalkan dengan senam otak. Senam otak adalah latihan yang terangkai atas gerakan-gerakan tubuh yang dinamis dan menyilang. Senam ini mendorong keseimbangan aktivitas kedua belahan otak secara bersamaan. Diharapkan, potensi kedua belahan otak akan seimbang sehingga kecerdasan anak pun menjadi maksimal.

"Selama ini banyak orang hanya menggunakan otak kirinya saja sehingga potensi otak kanannya tidak dimanfaatkan secara maksimal," kata Kartini, dalam seminar "Senam Otak Ibu Hamil dan Bayi Merangsang Potensi Otak Sejak Dini" yang diselenggarakan atas kerja sama Klub Brain Gym Omni Medical Center (OMC) Kelapa Gading dan RS OMC Pulomas, Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, ahli anak RS Omni Medical Center, dr Caroline Mulawi, mengatakan, stimulasi pada bayi bisa dilakukan sejak bayi dalam kandungan, yaitu sejak usia kehamilan tiga bulan.

"Stimulasi bisa berupa suara dan taktil (rabaan). Dari beberapa penelitian menunjukkan, bayi yang mendapat stimulasi ketika dalam kandungan memiliki tingkat inteligensia lebih tinggi 14 poin daripada yang tidak mendapatkan stimulasi," kata Caroline.

Stimulasi harus dilakukan tiap hari pada setiap kesempatan berinteraksi dengan bayi, misalnya ketika memandikan, mengganti popok, menyusui, menyuapi makanan, menggendong, mengajak berjalan-jalan, bermain, menonton TV, bahkan menjelang tidur. Stimulasi harus dilakukan dalam suasana aman, nyaman, menyenangkan, penuh kasih sayang, dan gembira.

Pada prinsipnya, semua ucapan, sikap, dan perbuatan ibu atau pengasuh yang berulang-ulang akan terekam dalam otak bayi sehingga akan berisiko ditiru oleh bayi. Apa yang bayi lihat, dengar, atau rasakan akan menjadi pengalaman baru bagi bayi sehingga dia akan mencoba melakukannya sendiri.

SEJAK tahun 2001 sudah ditemukan senam otak yang bisa mengoptimalkan perkembangan dan potensi otak. Otak terbagi menjadi dua, otak belahan kanan dan otak belahan kiri. Otak kanan berfungsi untuk intuitif, merasakan, bermusik, menari, kreatif, melihat keseluruhan, dan ekspresi badan. Sedangkan otak belahan kiri bertugas untuk berpikir logis dan rasional, menganalisa, bicara, berorientasi pada waktu, dan hal-hal rinci.

Senam otak dengan metode latihan Edu-K atau pelatihan dan kinesis (gerakan) akan menggunakan seluruh otak melalui pembaruan pola gerakan tertentu untuk membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat.

Senam otak ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bayi. Senam otak pada bayi sebenarnya sangat sederhana. Contohnya, menggerakkan anggota badan secara menyilang dengan perantara mainan. Bisa berbentuk robot, boneka, bola, balon, atau apa saja yang sesuai dengan usia anak. Hal yang penting, gerakan yang dilakukan anak melewati garis tengah antara tubuh bagian kanan dan tubuh bagian kiri.

Kemampuan belajar paling tinggi tercapai jika dua belah otak, dua mata, dan dua telinga aktif serta bisa bekerja sama dengan baik. Selain itu, gerak badan juga terkoordinasi dan seimbang. Pertemuan gerakan yang menyilang ini merupakan pusat dari senam otak.

Senam otak dilakukan melalui tiga dimensi, yakni lateralitas komunikasi, pemfokusan pemahaman, dan pemusatan pengaturan. Lateralitas komunikasi (dimensi kiri-kanan) bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan belajar. Gerakannya menyangkut mendengar, melihat, menulis, bergerak, dan sikap positif. Gerakan-gerakan itu menyerap kemampuan komunikasi yang lebih cepat.

Misalnya, bola digerakkan ke kiri ke kanan di depan bayi, atau bayi memegang mainan lalu digerakkan ke kiri ke kanan. Bisa juga mainan yang berbunyi digerakkan ke kiri ke kanan secara menyilang. Bertepuk-tepuk tangan juga melatih pendengaran bayi. Bayi memegang jari kita lalu digerakkan ke kiri ke kanan, atau membentuk angka delapan tidur. Apa pun gerakannya asal berdimensi ke kiri ke kanan.

Pemfokusan pemahaman (dimensi muka-belakang) bermanfaat membantu kesiapan dan konsentrasi untuk menerima hal-hal baru dan mengekspresikan apa yang sudah diketahui. Gerakan berupa latihan meregangkan otot menyangkut konsentrasi, pengertian, dan pemahaman. Misalnya dengan melipat lutut dan sikut bayi berulang kali atau mengangkat tangan ke atas lalu digerakkan ke muka ke belakang.

Pemusatan pengaturan (dimensi atas-bawah) membantu meningkatkan energi yang menyangkut berjalan, mengorganisasi, tes atau ujian. Hal ini bermanfaat untuk membantu seluruh potensi dan keterampilan yang dimiliki serta mengontrol emosi, seperti menggerakkan kepala ke atas ke bawah, mengangkat beban ringan atau benda lainnya, kemudian digerakkan ke atas ke bawah. (ARN)sumber: Kompas Cyber Media

Monday, June 9, 2008

Tips Melihat Aura Dengan Mata Telanjang




Beberapa urutan latihan yang harus dilakukan demi kesempurnaan hasil.

1. Melihat Aura Dengan Jari Tangan

Carilah tembok yang berwarna putih, lalu duduklah dengan tenang pada jarak 1/2 meter dari tembok. Ambil nafas sebanyak mungkin dan tahan selama mungkin. Lakukan sebanyak 5 kali. Gosoklah kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Tempelkanlah masing-masing jari tangan kanan dan kiri saling berpasangan. Letakkanlah kedua tangan yang masih berpasangan tadi 30 cm didepan mata dengan latar belakang tembok berwarna putih. Renggangkanlah perlahan-lahan kedua telapak tangan saling menjauh. Perhatikanlah, antara kedua ujung jari tadi akan mengeluarkan garis cahaya putih. Itulah aura yang memancar dari ujung jari kita.

2. Melihat Aura Dengan Telapak Tangan

Tariklah nafas dan gosokkanlah kedua telapak tangan seperti pada cara No. 1. Tempelkanlah salah satu telapak tangan pada tembok yang berwarna putih. Tariklah nafas, tahan dan hembuskanlah. Lepaskan telapak tangan dari tembok. Amatilah bekas telapak tangan yang tertinggal ditembok. Itulah aura yang memancar dari telapak tangan dan lama kelamaan akan larut dalam aura alam.

3. Melihat Aura Diri Sendiri

Letakkanlah cermin besar dihadapan kita. Duduklah dengan tenang. Usahakanlah latar belakang tembok berwarna putih dan penerangan berupa lampu neon. Tariklah nafas sebanyak mungkin dan tahanlah selama mungkin. Ulangilah sebanyak 5 kali. Tataplah bayangan diri kita yang ada dicermin. Pandangan mata diusahakan tidak melihat tubuh maupun bayangan tubuh, namun lihatlah batas tepian kepala dengan latar belakang tembok. Setelah pandangan mata kita terfokus, maka perlahan-lahan dari kepala dan bahu akan keluar cahaya aura kita. Sinar yang pertama kali terlihat, biasanya berwarna putih. Putih ini biasanya bukan merupakan warna aura kita yang sesungguhnya, melainkan dari warna aura yang sesungguhnya. Tataplah terus sampai kita melihat warna lain yang tidak berubah. Setelah berhasil, mulailah untuk melihat aura orang lain.

4. Melihat Aura Orang Lain

Mintalah bantuan seseorang yang akan menjadi objek untuk berdiri didepan tembok yang berwarna putih. Usahakanlah penerangan didalam ruangan dibuat remang-remang atau redup. Berdirilah lebih kurang 3 meter didepan objek. Fokuskanlah pandangan mata pada bagian tepi kepala dan bahu objek. Perlahan-lahan akan keluar sinar aura dari tepi kepala objek. Fokuskanlah pandangan pada seluruh tepian tubuh objek, maka seluruh tubuh objek akan memancarkan warna aura.

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

Share it

There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :