Saturday, January 7, 2012

Jangan Sampai Berhenti di Mobil Esemka Saja

Topik artikel ini tentang : mobil esemka, mobil nasional, mobnas, otomotif, mobil indonesia, smk, esemka,...







Saat pejabat negara berganti mobil dinas biasanya yang muncul adalah celaan. Betapa anggaran negara dihambur-hamburkan demi kendaraan yang lebih mendukung gengsi daripada fungsi. Tetapi, Wali Kota Solo Djoko Widodo membuat gebrakan dengan memilih produk lokal untuk jadi mobil dinasnya yang baru. Mobil jenis sport utility vehicle (SUV) bermerek Kiat Esemka ini dibuat oleh siswa-siswa SMK dengan bekerjasama bersama pemilik bengkel Kiat, Sukiyat, seorang pria yang tidak lulus STM di Klaten.

Aksi Jokowi menggunakan mobil seharga Rp 95 juta ini kemudian malah bergulir menjadi sesuatu yang politis. Dari Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Semarang, sampai Gubernur Jawa Timur ikut mengomentari langkah wali kota populer tersebut. Ada yang menyarankan agar Jokowi "jangan narsis", ada juga yang menyayangkan kenapa Jokowi menggunakan mobil yang surat-suratnya belum lengkap dan belum memenuhi standar keamanan, atau menyebut langkah Jokowi lebih cocok menjadi tagline kampanye.

Terlepas dari perdebatan politik soal motivasi Jokowi, yang seharusnya menjadi sorotan dalam berita ini adalah adanya sekumpulan anak-anak SMK, dengan bantuan sebuah bengkel mobil, telah berhasil merakit sebuah mobil. Inovasi teknologi jarang menjadi prioritas di Indonesia. Sehingga langkah Jokowi seharusnya dilihat sebagai upaya merangsang munculnya inovasi-inovasi teknologi lain itu.

Indonesia biasanya tidak dikenal karena keberpihakannya pada inovasi teknologi dan penelitian. Ketergantungan kita pada sumber daya alam terlalu besar. Indonesia pun terlena, tak mengembangkan sektor pendidikan dan teknologinya.

Padahal, jika kita membandingkan dengan Korea Selatan yang baru merdeka pada 1948, inovasi teknologi adalah kunci kebangkitan mereka sebagai suatu negara karena mereka tak kaya sumber daya alam seperti Indonesia.

Sementara di Indonesia, proyek mobil nasional Timor yang pernah dimiliki Indonesia justru menjadi akal-akalan impor mobil KIA dan sebuah skema pengurangan pajak. Indonesia pun sempat memiliki industri pesawat terbang nasional yang kini dibiarkan mati. Inovasi teknologi lain, bahan bakar blue energy yang berbahan dasar air, juga tidak jelas dasar ilmiah dan pengembangannya.

Bahkan, 'penemu' blue energy Djoko Suprapto sempat dilaporkan ke Polda Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atas dugaan penipuan sebesar Rp 1,5 miliar untuk proyek pembangkit listrik Jodipati dan energi alternatif Banyugeni.

Rendahnya anggaran riset penelitian menyebabkan banyak peneliti Indonesia yang lebih memilih untuk bekerja di luar negeri. Alhasil, inovasi-inovasi penelitian yang berhasil mereka temukan tidak terjadi di Indonesia.

Meski begitu, kisah Jokowi dan mobil Esemka membuktikan bahwa tanpa dukungan pemerintah pun, inovasi sudah terjadi di tingkat masyarakat. Ada orang-orang yang, meski tanpa kualifikasi pendidikan 'awam' seperti Sukiyat, memiliki kreativitas, mimpi besar, dan kemudian bisa mewujudkannya.

Kami yakin, Sukiyat dan murid-murid SMK pembuat mobil Esemka bukanlah satu-satunya. Ada banyak orang-orang lain yang berusaha mengembangkan inovasi dan teknologi, melakukan berbagai eksperimen ilmiah, dengan caranya sendiri, baik dalam tugas sekolah ataupun secara pribadi. Kami juga percaya, pendidikan, inovasi-inovasi teknologi, serta inisiatif masyarakat adalah cara untuk membangkitkan Indonesia. Dan jangan sekadar menyandarkan diri pada kekayaan alam.

Menurut Anda, apa yang bisa dilakukan untuk memunculkan lebih banyak inovasi teknologi di masyarakat? Jika Sukiyat dan sekumpulan murid-murid SMK bisa melakukannya secara mandiri, apakah menurut Anda dukungan pemerintah masih dibutuhkan?

Jika Anda menjawab iya, apa yang menurut Anda bisa dilakukan pemerintah, baik pusat maupun wilayah, untuk mendorong munculnya lebih banyak penelitian dan inovasi teknologi?

Bagaimana sekolah bisa mendorong murid-murid untuk melakukan lebih banyak eksperimen ilmiah? Sudah cukupkah sekolah memberi perhatian pada penelitian yang dilakukan oleh siswa-siswanya?

Dan tentu saja, jangan sampai Esemka menjadi sebuah kesempatan yang terlewatkan. Apa menurut Anda yang bisa menjadi langkah selanjutnya untuk mengembangkan mobil Esemka?

Kami menunggu jawaban, komentar, dan tanggapan Anda lewat forum komentar di bawah ini.






Sumber artikel :  http://id.berita.yahoo.com



 BERIKUT INI VIDEO-VIDEO TENTANG MOBIL ESEMKA ,.... :








































"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN-TEMAN ANDA ... ( Cari tombol "share" di bagian bawah blog ini )
Dapatkan info artikel menarik unik terbaru di blog ini dengan cara  mengklik tombol "Join this site"  di sisi kanan bawah blog ini ....









.

 .












No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :