Saturday, August 22, 2009

Capoeira, Tarian Maut yang Bersahabat





indosiar.com, Jakarta - Seni bela diri Capoeira ternyata populer di Indonesia. Seni bela diri ini berbeda dari yang lain karena apa ? Karena menggunakan musik dalam gerakannya, jadi menimbulkan suasana yang gembira dan bersahabat. Tapi jangan salah gerakan ini bisa berbahaya kalau memang ditujukan untuk melawan serangan.

Mereka ini sedang melakukan Capoeira. Sebuah jenis bela diri asal Brazil yang gerakan - gerakannya terkenal eksotik. Gimana nggak ? Sepintas kalau dilihat seperti lagi menari kan ? Apalagi kalau begini pakai iringan tabuhan musik khas Brazil batu kada.

Padahal gerakan mereka itu sebenarnya jurus - jurus berkelahi yang sangat mematikan. Sejak awal Capoeira memang sebuah aksi bela diri berkedok tarian. Diciptakan tahun 1500 an oleh orang - orang Afrika yang dijadikan budak di Brazil dengan tujuan melawan pasukan koloneal.

Tahun 1900 an Capoeira mulai berkembang dan tersebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri masyarakat mulai kenal seni bela diri asal negeri Samba itu sejak akhir tahun 90 an. Ditandai dengan munculnya sejumlah tempat latihan Capoeira.

Nah.. akhir Juli kemarin sejumlah maestrus sebutan bagi para master Capoeira asal Brazil datang ke Indonesia dalam rangka di Jakarta Internasional Capoeira Festival 2008 atau CapoFest. Ngintip yuk... latihannya !





Aksi seni bela diri ala negeri Samba itu memang bisa dibilang lain dari yang lain. Dengan iringan musik tabuhnya, orangpun jadi asyik mengikuti baik sebagai penonton maupun sebagai Capoeiresta sebutan bagi mereka yang menekuni Capoeira.

Setiap latihan, setiap Capoeiresta maju berpasangan secara bergantian saling beradu, tapi tidak ada gerakan yang sengaja untuk menjatuhin lawan.

Bahkan gerakan mereka cenderung lambat dan sebisa mungkin nggak mengenai tubuh lawan. Suasana gembira, senyum bersahabat iringan musik juga selalu mewarnai.

Ingin tahu juga ya jadinya. Salah satu Capoeiresta asal Brazil, Alessandro Gomes Dereis untungnya berbaik hati ngasih tahu salah satu gerakan dasar. Gerakan dasar Capoeira yang dinamai zinga ini mirip sama orang lagi menari, tapi ini sebenarnya sejenis kuda - kuda.


Yang namanya kuda - kuda kalau dilakukan tidak sempurna sudah pasti gampang diserang lawan. Tapi yang unik jadi kuda - kuda pada Capoeira ini selain berguna untuk bertahan dari serangan lawan sekaligus sebagai ancang - ancang untuk menyerang.




Dengan musik dan olah gerak yang dinamis memang bikin Capoeira jadi sesuatu yang enak dinikmati. Makanya tak heranlah kalau Capofest digelar disebuah pusat pertokoan di Jakarta mulai tanggal 23 hingga 27 Juli lalu selalu mengundang orang untuk nonton.




Festival ini diselenggarakan International Sinha Bahia de Capoeira (ISBC) sebuah perguruan Capoeira bersertifikat international bekerjasama dengan Kedutaan Besar Publik Brazil di Indonesia. (Dv/Sup).



Sumber artikel dan gambar : indosiar.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :