Thursday, November 6, 2008

Bale-Bale Tradisonal, Spa Berbalut Nilai Religi



Belum banyak spa yang mengambil posisi sebagai spa yang menerapkan nilai-nilai Islami dalam layanannya. Bale-Bale Tradisional mengambil strategi ini. Anita Surachman

Apa itu Spa? Sebagian orang belum tahu apa dan kegunaan spa di saat sebagian yang lain merasa spa sudah menjadi kebutuhan, khususnya wanita. Spa atau solus per aqua, berasal dari kata Latin yang artinya penyembuhan. Seiring perkembangan zaman spa menjadi suatu tempat kecantikan, perawatan tubuh, kesehatan, kebugaran dan kenyamanan. Suatu tempat saat kita bisa merasa rileks, tubuh dan pikiran menjadi segar, kembali energik dan bertenaga serta membangkitkan suasana hati yang riang gembira. Spa sendiri merupakan suatu rangkaian perawatan yang terdiri dari terapi pijat seluruh badan, lulur/body scrub, masker pemutih, terapi musik, aromaterapi, mandi susu/mandi aromaterapi dan snack berupa kue-kue dan minum jahe hangat atau teh panas.

Berbagai macam spa banyak dijumpai di tanah air, khususnya di ibukota Jakarta, tapi layanan spa yang unik dan beda tentu masih minim jumlahnya. Tengok saja bisnis yang dilakoni Fifi Soviva Dahlan, Pingky Apriani dan Ida Yusi Dahlan. Ketiga wanita ini menawarkan bisnis spa yang mengkombinasi antara perawatan tubuh dengan spa relaksasi. Tidak ketinggalan mereka juga memasukkan unsur syariat Islam di dalamnya sehingga layanan yang diberikan terasa kental nuansa Islaminya.

Bale-Bale Tradisional Spa (nama lebel yang diberikan) ini bukanlah salon muslim seperti yang dikira melainkan hanya unsur islamnya saja yang dimasukan ke dalam tata cara pelayanan yang tersedia. ”Di sini lebih banyak ke hukum agamanya, umumnya tamu yang berkunjung terutama tamu asing sangat memahami dan menghargai ketetapan agama ini,” kata Fifi. Misalnya saja, dalam Islam mencukur atau mencabut alis tidak diperbolehkan, sehingga di spa ini tidak akan melayani hal tersebut dan hal-hal yang lain yang dilarang dalam Islam.

Usaha yang dirintis ketiga wanita ini berdiri sejak 1998. Momen tersebut dibarengi dengan peristiwa yang mengguncang negeri ini kala terjadi krisis berkepanjangan yakni krisis moneter. Kejelian melihat peluang pun langsung ditangkap. “Kebetulan kita perempuan senang merawat diri. Kita juga mencari bisnis apa yang tidak tergantung krismon, saat itu orang ingin rileks, untuk kalangan menegah-atas krismon tidak terlalu berpengaruh, dari situlah muncul ide bisnis spa ini,”kata Pingky.

Dari segi keunggulan, Bale-Bale Tradisional Spa tidak hanya menawarkan service yang memuaskan tapi juga menjual suasana atau atmosfer dan kenyamanan. Ruangan yang didesain khusus memunculkan diferensiasi tersendiri. Konsep relaksasi pun diusung. Ramuan tradisional yang digunakan dalam perawatan merupakan hasil racikan mereka. Untuk pijatan sangat diperhatikan pijatan khas. Yang digunakan di sini adalah relaksasi yang melonggarkan otot tegang, bukan yang menyembuhkan seperti siatsu dan sejenisnya yang sebelumnya telah dikonsultasikan dan dipelajari dari sudut pandang kedokteran.

Seiring berjalannya waktu bisnis ini makin berkembang, cabangnya tidak hanya di Pangeran Antasari tapi juga di perumahan Taman Gandaria. Pelanggannya juga terus bertambah bukan hanya dari Jakarta tapi juga Bandung dan Medan bahkan pelanggan mancanegara seperti Malaysia, Jepang, Perancis, Inggris, India, Korea, dan lain-lain. Dari segi segmentasi spa ini memang ditujukan untuk kalangan menegah atas tapi dari skala umur tidak ada batasan.”Kita tidak membatasi usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Kita bikin suasana sedemikian rupa sehingga bagi siapa pun yang suka merawat tubuh dan senang relaksasi pasti kita terima,” papar wanita berkerudung ini.

Untuk memulai bisnis ini Fifi mengatakan modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Dibantu oleh 38 karyawan, bisnis ini diakuinya bukanlah bisnis yang menggunakan mesin besar atau modern sehingga aset yang lebih banyak ada di tenaga kerja. Training karyawn merupkan pos pengeluaran yang cukup besar. Konsep dan idenya sendirilah yang justru terbilang mahal.

Bagi pemilik spa yang tengah naik daun ini, konsep dan nama merupkan elemen penting untuk memperoleh kesuksesan. Kedua hal tersebut menjadi suatu yang penting. ”Brand benar-benar penting karena dapat memberikan kesan tersendiri. Kita mencari nama yang unik tapi orang tetap mengerti, nama Bale-Bale sendiri memiliki kesan yang sesuai dengan yang ada di dalam, karena seluruh perawatan ditempatkan di bale-bale, beda dengan perawatan lain yang dilakukan di tempat tidur. Dari situ kita merasa tempat dengan namanya cocok sehingga kita pilih Bale-Bale. Suatu nama di mana orang akan merasakan kesan yang pas dengan konsep kita,”ujar Fifi.


Sumber Artikel: http://www.majalahpengusaha.com
Sumber gambar:
- http://www.majalahpengusaha.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :