Thursday, November 12, 2009

Doyan Minum Manis Bikin Anak Gendut Saat Remaja





Orangtua harus hati-hati dalam memberikan asupan minuman yang manis saat anak masih kecil. Karena apa yang dikonsumsi anak-anak saat berusia 5 tahun akan mempengaruhi lemak tubuh anak tersebut dalam waktu 10 tahun mendatang.

Sebuah penelitian menunjukkan biasanya orangtua tidak terlalu memperhatikan masalah berat badan putrinya dengan membiarkan anaknya tersebut mengonsumsi dua kali atau lebih minuman yang manis setiap harinya saat masih kecil.

"Tingginya asupan minuman yang manis, seperti soda, minuman rasa buah-buahan dan minuman olahraga pada usia 5 tahun, akan dikaitkan dengan lemak tubuh anak tersebut dalam waktu 10 tahun berikutnya," ujar Dr Laura Fiorito dari Pennsylvania State University, seperti dikutip dari Reuters, Senin (9/11/2009).

Fiorito dan rekannya mencatat dalam American Journal of Clinical Nutrition bahwa lemak tubuh yang tinggi selama masa usia remaja telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan (overweight) untuk jangka waktu yang panjang, diabetes atau risiko terkena penyakit jantung.

Tim dari Fiorito meneliti 160 anak kecil perempuan yang masih kecil dan berusia 5 tahun. Dalam hal ini peneliti mengukur berat badan, tinggi badan dan lemak tubuh yang ada. Lemak tubuh dan berat badan yang dimiliki anak-anak ini bergantung dari seberapa banyak anak tersebut mengonsumsi minuman manis setiap harinya.

Setelah faktor-faktor yang memungkinkan mempengaruhi berat badan dengan kadar lemak tubuh, didapatkan anak-anak yang konsumsi dua atau lebih minuman manis setiap harinya memiliki presentasi lemak tubuh yang lebih tinggi dan cenderung kelebihan berat badan dibandingkan dengan anak perempuan yang sedikit mengonsumsi minuman manis.

Anak-anak yang saat berusia 5 mengonsumsi minuman manis kurang dari 1 kali setiap harinya didapatkan kelebihan berat badan sekitar 16 sampai 19 persen dalam 10 tahun berikutnya. Sedangkan anak-anak yang mengonsumsi lebih dari 2 kali minuman manis setiap harinya didapatkan kelebihan berat badan yang lebih besar yaitu sekitar 32 sampai 39 persen.

Oleh karena itu Fiorito dan rekannya menyarankan agar orangtua memperhatikan asupan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak, khususnya minuman dengan kadar gula tinggi. Usahakan anak tidak terlalu sering mengonsumsinya agar anak tidak berisiko kelebihan berat badan.


Sumber artikel dan gambar : www.tanyadokter.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :