http://i.picasion.com/pic77/ef466a3101b6aaa1690add4435b34c92.gif

Monday, December 14, 2009

INILAH 7 LANGKAH UNTUK "BRANDING" DI FACEBOOK !


7 Langkah Strategis yang Anda Perlukan untuk Melakukan Branding di Facebook



By Joko Susilo – http://www.mesinuangku.com




Seperti saya rencanakan sebelumnya dalam posting facebook marketing saya berniat untuk membahas branding di facebook. Tidak sedikit yang tertarik, seperti Mas Teten Wijaya dan Theresia.

Mas Arief Maulana juga sudah mengawali soal kupasan branding di Facebook dalam komentarnya.

Kita bisa atur settingan di bagian privacy juga. Misalnya dgn memblock tag gambar atau video. Ini terkait masalah branding. Jangan sampai ada orang tag gambar yg ga jelas ke kita, semua orang bisa liat. Ini bisa seketika menjatuhkan citra yg kita bangun.

Lebih jauh soal branding di Facebook ini, anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana. Langsung saja lanjutkan membaca…

Dalam melakukan personal branding, intinya adalah bagaimana orang lain mempersepsikan anda seperti persepsi yang anda inginkan. Apakah anda ingin dipersepsikan sebagai seorang marketer berhasil, seorang pebisnis sukses, atau apapun persepsi yang ingin anda bentuk, brand itulah yang harus anda bangun. Tidak terkecuali ketika anda lakukan itu dengan Facebook.

Facebook sendiri memiliki karakter sebagai sebuah social network yang berpadu antara unsur profesional dan personal. Banyak orang menggunakan Facebook untuk kepentingan bisnis mereka, seperti misal menggunakannya untuk marketing. Namun tidak kalah banyaknya mereka yang menggunakan Facebook untuk kepentingan personal semata. Memahami habitat dari tempat yang ingin anda lakukan personal branding penting supaya anda bisa menyesuaikan diri dengan iklim di dalamnya.

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, manfaatnya apa membangun personal branding?

Manfaat punya personal branding yang kuat di antaranya:

* Terkenal. Sudah pasti anda akan banyak dikenal orang.

* Menjadikan anda pakar. Pakar maksudnya bukan “apa-apa dibikin sukar” :)
tapi memang pakar suatu bidang dimana anda nantinya jadi tempat bertanya banyak orang.

* Meningkatkan nilai jual anda. Kalau anda sudah terkenal, kalau anda sudah dianggap pakar, otomatis nilai jual anda naik. Anda akan diundang orang-orang; dan kalau anda punya usaha atau bisnis, itu juga akan mendukung bisnis dan usaha anda.

Ok. Anda sekarang sudah paham pentingnya melakukan personal branding. Sekarang kita ungkap caranya bagaimana melakukan branding di Facebook.


1. Buat profil anda merefleksikan brand anda. Misalkan anda ingin melakukan branding sebagai seorang konsultan profesional, pastikan profil facebook anda merefleksikan citra tersebut. Cantumkan hal-hal yang terkait dengan profesi anda.

2. Pasang foto yang sesuai. Kalau anda ingin membranding diri anda sebagai seorang profesional, pasang foto yang menunjukkan anda sosok profesional.

3. Buat username facebook yang singkat. Contoh seperti http://www.facebook.com/jokosusilo pastinya jauh lebih baik dibandingkan url yang panjangnya seperti http://www.facebook.com/profile.php?id=123456789 bukan?
Untuk cara membuat username yang singkat bisa anda baca babeh.net.

4. Update status sesuai brand anda.
Anda bisa update status yang terkait branding. Misalnya update status soal proyek yang sedang anda kerjakan, atau soal seminar yang sedang anda isi, atau mungkin tentang perkembangan bisnis internet anda.

5. Pilih grup dan friend secara bijak. Teman dan grup yang anda ikuti adalah refleksi dari anda. Kalau grup yang anda ikuti baik, anda pun akan dipandang baik. Kalau dipandang buruk, anda ikut tersangkut buruk.

6. Lakukan tagging dan sharing.
Baik dalam update status berupa teks, foto, atau video. Namun jangan sembarangan melakukannya. Pastikan hanya pilih orang yang sesuai atau terkait hal yang anda tag-kan.

7. Klasifikasikan teman-teman anda.
Biar tidak campur aduk, anda bisa klasifikasikan teman-teman anda. misalnya sebagai hubungan pertemanan, hubungan keluarga, hubungan profesional, dan lainnya.

Caranya:

* buka tab Teman yang kemudian akan memunculkan semua daftar teman anda.

* klik buat daftar baru dan beri nama sesuai klasifikasi anda.

* image facebook friendtambahkan teman-teman anda ke daftar-daftar kontak yang sesuai.

* jika sudah, seperti sekilas dikatakan Mas Arief di atas, lakukan pengaturan privasi (privacy setting) profil anda. Dan anda bisa sesuaikan isi profil anda terhadap orang/kelompok yang tepat.



Dengan melakukan personal branding secara tepat di facebook, hasilnya akan luar biasa. Brand anda akan tertancap kuat sebagai top of mind di kalangan teman-teman facebook anda.

Salam ACTION!







SAMPAI BERTEMU.. DI PUNCAK SUKSES... !

STOP DREAMING..! START ACTION ..!





Joko Susilo - Semarang
3 JURUS AMPUH MENGHASILKAN UANG MELIMPAH LEWAT INTERNET !
E book Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO)
dari Formula Bisnis
Situs: http://www.mesinuangku.com(Baca: Mesin uang ku dot com)
Ruko Villa Durian No.7, Jl. Durian Raya, Banyumanik, Semarang
Phone: 024-70250058 (call or SMS)



Dipublikasikan oleh: J. Ganang Andi - praktisi internet marketing – Kunjungi blog nya di: http://www.beritaharianku.blogspot.com







-

1 comment:

Firman said...

Salam kenal.,
simple blog and interested too
kunjungi balik blogku
saya tunggu

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :