Tuesday, January 5, 2010

Nasi Jamblang Komplet plus Blakutak Suedep!





Jakarta - Nasi rames gaya Cirebon ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat Jakarta. Biasanya nasi dibungkus menggunakan daun jati, sedangkan lauknya bisa dipilih sesuai selera. Jangan sampai lupa untuk mencicipi blakutak yang sedep gurih! Hati-hati, gigi bisa hitam sesudahnya!

Kalau berjalan-jalan di kota Cirebon, sangat mudah menemukan makanan ini. Hampir disetiap sudut kota banyak penjual yang menjajakan nasi jamblang yang cukup tersohor hingga ke Jakarta. Nasi jamblang sebenarnya adalah nasi rames biasa. Namun karena sang penjual ini berasal dari daerah yang bernama Jamblang, jadilah nasi yang dijualnya dinamakan nasi jamblang.

Meskipun hanya sekedar nasi rames, nasi jamblang ini cukup unik dari segi penyajian. Nasi putih yang masih mengepul hangat dibungkus dengan menggunakan daun jati. Sehingga aroma daun jati turut menguap bersama nasinya, harum! Daun jati ini berfungsi sebagai pengganti daun pisang yang menurut cerita jarang sekali ditemui di Cirebon. Dan tak hanya itu, daun jati pun membuat nasi tetap awet karena pori-pori daunnya.

Lauk pauk disajikan dengan model prasmanan di atas sebuah meja panjang. Mau pilih tumis kangkung, semur daging, tahu dan tempe bacem, semur jengkol, tumis pare dengan ikan teri, dan yang pasti selalu ada adalah blakutak alias cumi besar yang dimasak bersama dengan tintanya.

Seperti siang kemarin, saya diajak oleh teman kantor untuk makan nasi jamblang yang ada di kawasan Tendean. Belum juga pukul 12 teman saya sudah ribut untuk segera meluncur ke warung nasi jamblang tersebut. Benar saja, saya tiba di warung nasi jamblang ini saat jarum panjang meninggalkan angka 12 belum terlalu jauh. Tapi baskom-baskom berisi lauk pauk yang berada di etalase sudah hampir licin. Membuat saya terbengong-bengong!

Warungnya yang tidak terlau besar disesaki oleh pengunjung yang berada di sekitar kawasan tersebut. Tapi tak sedikit pula yang memesan untuk dibungkus. Berbeda dengan di Cirebon, nasi disini tidak dibungkus dengan daun jati. Nasi putih hangat langsung saya ambil dari dalam termos nasi yang cukup besar.

Lauknya di taruh dalam wadah seperti baskom berukuran sedang di dalam etalase. Duh, saya bingung memilih menunya. Selain aroma dan tampilannya yang sangat meggugah selera, beberapa lauk juga sudah mulai habis stoknya. Padahal menurut Pak Subur sang penjual, lauk pauk ini sudah yang kedua kali ditambahkan loh! Wah..wah.. cepat sekali!

Melihat saya yang masih diam terpaku, Pak Subur langsung berkata, "Kalau mau komplet datangnya sekitar jam setengah 12 mba," ujarnya. "Ada sate kentang, grejeg udang, pepes ayam, pepes jamur, pepes usus, sate kerang, paru, ampela ati, tongkol, tahu garing, empal, tumsi-tumisan, blakutak dan masih banyak lagi mba," katanya lagi menambahkan.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada blakutak alias cumi yang dimasak dengan tintanya sekaligus, tumis kangkung, tempe goreng, dan juga ati ampela yang dimasak pedas manis. Sayangnya saya gak kebagian sambal jamblang yang terkenal lezat dan pedas itu, sambal rawit goreng pun jadi penggantinya.

Suapan pertama menyentuh lidah, saya cukup terkejut! Menu yang tampilannya sederhana ini rasanya sungguh lezat! Tumis kangkung yang dimasak kres..kres.. segar tidak over cooked. Tempenya kering gurih pas dengan nasi putih. Yang paling enak adalah blakutaknya. Cuminya berukuran sedang, dan segar. Karena daging cumi tidak alot namun kenyal kenyal lembut saat digigit.

Kuahnya sangat terasa bumbunya. Rasa manis, gurih, sedikit pedas terasa seimbang dan pas di lidah. Bahkan blakutak ini tetap enak disantap dengan nasi putih meskipun hanya dengan kuahnya saja loh! Tanpa perlu waktu lama, sepiring nasi jamblang sudah licin tandas tak bersisa. Saat ingin memesan blakutak lagi untuk bekal di rumah, ternyata saya terlambat. Pengunjung yang baru saja meninggalkan warung adalah yang mebeli semua blakutak terakhir.

Saya pun berniat untuk kembali lagi ke warung nasi jamblang ini lebih awal agar bisa puas memilih lauk yang saya inginkan. Dan tentu saja membawa pulang balkutak sedap itu.

Nasi Jamblang Khas Cirebon
Jl.Tendean No. 16 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan (depan kantor pos Mampang)
Telp: 085280910654 (terima pesanan)

( eka / Odi )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!




Sumber artikel dan gambar : food.detik.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :