Saturday, April 5, 2008

Terapi batu panas (Hot stone massage)




MUNGKIN tidak banyak orang mengetahui bahwa batu bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya untuk rileksasi, tapi juga bisa menghadirkan keseimbangan spiritual.

Batu yang dipakai pun bukan sembarangan batu, tapi yang khusus untuk perawatan badan. Adalah batu alor, yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Jenis batu ini konon ampuh menghilangkan masuk angin, pegal-pegal, dan untuk melemaskan otot-otot yang tegang.

Biasanya batu ini disertakan dalam perawatan tubuh, yang biasanya dikenal dengan hot stone massage. Salah satu tempat spa yang biasa menggunakan batu panas untuk massage adalah Taman Sari Royal Heritage Spa (TSRHS).

Di TSRHS tamu diberi keleluasaan untuk memanjakan tubuhnya dengan perawatan hot stone massage. Mereka yang berusia dewasa, baik pria maupun wanita bisa menikmati treatment ini kapan saja. Hanya tidak boleh setiap hari, tapi minimal seminggu sekali.

Dalam realisasinya, batu yang akan dipakai dalam treatment memang harus direbus terlebih dahulu. Waktu yang dipakai untuk merebus sekira 10 sampai 15 menit. Lebih dari itu tidak bagus, karena batu akan bertambah panas.

"Batu alor memiliki pori-pori yang tidak terlihat dan berwarna gelap. Sehingga sangat memungkinkan saat direbus batu ini dapat menyimpan panas dengan sempurna," tutur Supervisor Trainning TSRHS Wiwit kepada okezone, Jumat (11/1/2008).

"Batu yang digunakan dalam terapi ini memiliki temperatur panas sekira 36 sampai 29 derajat Celsius," tambahnya.

Selanjutnya Wiwit menjelaskan, batu tersebut bisa diaplikasikan langsung hanya pada bagian tertentu. Misalnya yang paling sering adalah area punggung dan kaki. Aplikasi batuan ini bisa berupa peletakan pada titik-titik tertentu pada dua area tadi ataupun pemijatan titik tersebut menggunakan batuan.

"Kalau batu diletakkan pada punggung, kami biasanya memberikan pijatan dengan alat bantu batu panas di bagian kaki. Begitu juga sebaliknya," pungkas Wiwit yang mengaku hot stone massage paling lama dikerjakan selama 1,5 jam.
(tty)

sumber: okezone.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :