Friday, May 2, 2008

Susu jagung yang bergizi




MINUM susu kedelai adalah hal yang biasa, tetapi kalau minum susu jagung manis seperti apa ya rasanya? Untuk mengenal dan menikmati susu jagung manis alangkah baiknya kita memahami dulu tentang manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada jagung manis.

Nama lain jagung manis (zea mays saccharata) kini semakin populer dan banyak dikonsumsi masyarakat. Selain digunakan sebagai bahan baku jagung bakar, sayur mayur, jagung manis dapat pula dibuat menjadi susu jagung manis atau tempe jagung manis.

Susu jagung manis dikenal pula dengan sebutan corn milk, sekarang banyak dinikmati masyarakat Ambarawa.

Minuman ini dapat memulihkan energi dalam waktu cepat dan menjaga kesehatan mata, hati, lambung usus serta diyakini sebagai minuman bebas kolesterol. Juga dapat mengobati penyakit diabetes dikarenakan jagung manis mengandung gula alami.

Kandungan Gizi

Jagung manis dikenal juga dengan nama sweet corn mempunyai nilai gizi yang berbeda dengan jagung biasa.

Menurut Direktorat Gizi, Departemen Kesehatan RI (1979), kandungan zat gizi sweet corn dan jagung biasa tiap 100 gram berat yang dapat dimakan adalah sebagai berikut :

Karbohidrat dalam biji jagung mengandung gula pereduksi (glukosa & fruktosa), sukrosa, polisakarida dan pati. Menurut Kamil (1982) gula yang disimpan dalam biji sweet corn adalah sukrosa yang dapat mencapai jumlah 11%. Sedangkan menurut

Koswara (1986) kadar gula pada endospern sweet corn sebesar 5-6% dan kadar pati 10-11%, sedangkan pada jagung biasa hanya 2-3% atau setengah dari kadar gula sweet corn.

Cara Membuat

Cara membuat minuman kesehatan ini, tidaklah sulit. Bersihkan rambut jagung manis dengan pisau yang tajam, lalu pipilan jagung manis dihancurkan/diblender dengan air panas secukupnya dengan tujuan untuk mengurangi bau langu. Kemudian dimasak dan ditambah air bersih dengan perbandingan 1 : 4.

Panaskan pada suhu 80 derajat C kemudian disaring dengan kain saring halus. Pisahkan ampas saringan untuk diblender lagi sampai halus sehingga ampas tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku selai atau tempe jagung manis yang enak rasanya.

Apabila minum susu jagung manis dengan tujuan sebagai obat penyakit diabetes maka tidak perlu ditambah gula.

Namun bila diminum sebagai minuman berenergi untuk kesehatan bisa ditambah gula pasir atau gula jawa sesuai selera.

Supaya susu jagung manis terasa gurih dan disukai anak-anak dapat ditambahkan susu skim, supaya wangi dapat ditambah daun pandan. Masak di atas api sampai suhu 90 derajat C sambil diaduk-aduk agar tidak berbuih.

Susu jagung manis dapat disajikan dalam keadaan panas, hangat dan dingin/dengan es. Ketahanan susu jagung manis tanpa pengawet hanya 6 jam pada suhu kamar, apabila ingin tahan lama dapat disimpan pada ruang dingin/ dibekukan pada ruang beku.

Olahan susu jagung manis menjadi minuman yang menyehatkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani, karena harga jagung manis dapat stabil baik pada saat musim panen raya maupun tidak. Kota Ambarawa dan sekitarnya merupakan penghasil jagung manis terbesar di Jawa Tengah, sehingga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan di bidang agroindustri. (Supriyanto SP, STP-11)

Sumber: suaramerdeka.com

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :