Friday, October 10, 2008

Seni lukis kaca ..artistik nan indah



Lukis Kaca, Home Industri yang Harus Dikembangkan

DALAM era Globalisasi ini banyak permasalahan yang muncul terutama makin sempitnya kesempatan kerja dan pengangguran sudah sering kita lihat yang semakin tahun semakin bertambah jumlahnya.

Dian Mulyadi, salah seorang seniman lukis kaca yang juga membuka sanggar Alam Sunyaragi, mengatakan pengembangan usaha Lukisan Kaca Cirebon merupakan suatu upaya untuk menciptakan lahan kerja yang selama ini dilewati hanya sebagai hobby saja.

"Barangkali tidak terlalu berlebihan jika usaha lukisan kaca kita anggap mampu menanggulangi pengangguran," ujarnya.

Menurut Dian, banyak faktor yang menjadi persyaratan seseorang untuk menjadi Pelukis Kaca ataupun menjadi Pengrajin Lukisan Kaca Cirebon.Dalam kaitannya dengan usaha Lukisan Kaca Cirebon sangat erat sekali dengan pemahaman tentang sejarah Lukisan Kaca itu sendiri baru kemudian pemahaman tentang kiat bisnisnya secara umum.

Seperti yang kita ketahui, Lukisan Kaca Cirebon merupakan salah satu cabang seni lukis dengan menggunakan media kaca dan dengan teknik melukis terbalik. Dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan keterampilan yang tinggi untuk mampu melukis diatas kaca tersebut.

"Latihan rutin wajib dilakukan untuk memberi kelenturan tangan dalam menggoreskan cat pada median kaca," jelas Dian.

Selain itu pemahaman dan penguasaan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan dalam melukis kaca juga penting untuk dipelajari. Dian mengatakan, kalau selama 2 tahun anda belajar secara rutin, akan nampak keberhasilan menguasasi teknik melukis kaca.

"Hal ini Tentu harus mempunyai dasar-dasar menggambar atau mempunyai bakat menggambar," ujarnya.

Selanjutnya ketika produk Lukisan Kaca telah diproduksi secara rutin, tentunya kita memerlukan teknik penjualan produk yang tepat. Karena tidak semua orang menyukai dan menggemari karya seni, dibutuhkan cara yang sangat tepat untuk menawarkan produk tersebut




"Biasanya melalui orang-orang yang kita kenal dulu, nanti dengan sendirinya pasar akan terbuka" kata Dian.

Hal yang paling utama dalam bisnis Lukisan Kaca Cirebon adalah Kualitas produk yang baik dengan pengetahuan tentang sejarah Lukisan kaca itu sendiri. Mengingat hampir semua objek Lukisan Kaca diangkat dari adat dan budaya Cirebon (termasuk pemahaman tentang Pewayangan), penggambaran tentang cerita objek lukisan kaca kepada konsumen menjadi penting.

"Dengan begitu, konsumen pasti lebih tertarik untuk membeli produk kita," katanya.

Dapat disimpulkan bahwa, Lukisan Kaca Cirebon mempunyai potensi untuk dikembangkan. Dengan pengembangan usaha Lukisan Kaca Cirebon akan banyak menyerap yang pada muaranya dapat menekan angka penggangguran yang ada.

Hingga saat ini, Sanggar Alam Sunyaragi yang beralamat di Jalan Karang Jalak No.19 ini, mampu menghasilkan antara 40 sampai 50 lukisan dalam sebulan. Produk lukisan kaca yang ditawarkan pun cukup variatif, mulai dari lukisan kaca wayang, kaligrafi Cirebon, kaligrafi Islam, Batik Cirebon, Oriental, hingga motif kartun seperti tokoh disney.

Lukisan Kaca karya yang memiliki ciri khas dalam pewarnaan ala Dian Mulyadi ini sudah banyak di ekspor ke luar negeri, seperti singapura dan korea. "Kebanyakan pesanan untuk rumah makan disana, dan jumlah pesanan bisa mencapai ratusan," imbuhnya.(BC-14)


Sumber artikel :http://www.beritacerbon.com/berita/

Sumber gambar:
- http://www.beritacerbon.com/berita/

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :