Tuesday, December 9, 2008

Miniatur Gerobak.. Unik dan cantik..


Yoyong: Pembuat Miniatur Gerobak Cantik


Written by R. Suryanto
Monday, 27 October 2008

Berawal dari hobi mengoleksi pernak-pernik kecil, sekarang Syumeiraty Rashando atau biasa dipanggil Yoyong berhasil membuat miniatur yang sama persis dengan aslinya. Bahkan pada tahun 2006, Yoyong mendapat penghargaan dari MURI karena dinilai pemrakarsa dan pembuat miniatur tempat penjualan makanan khas Indonesia terbanyak.





Kalau kita melihat miniatur gerobak bakso buatan Yoyong, kesan pertama begitu memperhatikan adalah dia sangat detail dan teliti. Pernak-pernik dari perangkat gerobak bakso sangat komplet. Ada mie putih, mie kuning, bakso, saus tomat, sambel, mangkok bakso, sendok, dan selada. Semua terkesan natural. Orang yang baru pertama kali melihatnya pasti takjub.




Hampir semua miniatur gerobak tradisional tempat penjualan makanan sudah ia buat. Antara lain: miniatur gerobak siomay, rujak uleg, baso tahu, es nong-nong, buah potong, nasi goreng, martabak, gorengan, pop corn, dan masih banyak lagi. Miniatur kios rokok, dan asongan rokok juga ia buat. Selain gerobak penjualan, Yoyong juga membuat tiruan aneka jenis makanan seperti roti, mie ayam dalam mangkuk, gado-gado, pizza, spagheti, bubur ayam, dan masih banyak lagi. Orang yang melihat tidak akan mengira, kalau makanan itu sebenarnya palsu.
Miniatur ini ia buat dari bahan clay atau lilin plastik. Hampir semua karyawannya sudah bisa membuatnya, kecuali pada pewarnaan. “Untuk mendapatkan warna yang persis dengan aslinya memang sulit dan perlu insting tersendiri. Makanya untuk pewarnaan masih saya pegang sendiri, “ terang Yoyong.
Menurut Yoyong, apa yang telah ia capai bukannya tanpa proses. Sejak SMP ia memang sudah suka dengan pelajaran prakarya. Hampir semua kerajinan tangan ia buat sendiri. Kebanyakan untuk diri sendiri, atau sesekali diberikan untuk saudara dan teman. Ia merasa selalu tertantang untuk membuat kerajinan unik dan cantik yang ia temui.
Dari situ ia terus mencari ide dan inspirasi untuk memuaskan ’dahaga’nya. Internet dan majalah menjadi pelariannya. ”Saya senang dengan hasil-hasil kerajinan dari Belanda dan Jepang, keren-keren,” ujar ibu 2 anak ini .
sSebelum menggeluti bidang ini, 1995 ia pernah terjun ke bisnis gift shop yang menjual aneka pernak-pernik perempuan seperti boneka, gantungan kunci, tempat HP dan sebagainya. Pada tahun 2000, omzetnya mencapai ratusan juta rupiah per bulan dengan jumlah karyawan hingga 50 orang. ”Tetapi karena banyaknya yang meniru dan persaingan yang sangat ketat, usaha ini akhirnya kami tutup karena makin sepi,” jelas Yoyong.




Di Crayon’s Craft & Co ini, Yoyong juga membuka kursus secara gratis. Jadi pengunjung hanya membeli bahannya saja, lalu bisa kursus sampai bisa. Bahkan kalau belum bisa juga pada hari itu, ia bisa datang lagi di lain kesempatan. Kursus yang diajarkan antara lain: sula pita, clay, paper tole, origami, boneka kawat dan masih banyak lagi. Di tempat kursus itu, Jl. Aceh 15 Bandung, ia dibantu 10 pengajar. ”Kursus kami adakan dari Senin sampai Sabtu, pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB,” jelas istri Handi Susilo Yurianto ini. Tempat kursusnya setiap hari rata-rata dikunjungi 20-60 orang. Anda berminat?
R. Suryanto Foto-foto: R. Suryanto


Sumber artikel & gambar: http:
//klubnova.tabloidnova.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

Share it

There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :