Wednesday, March 4, 2009

Bioethanol Solusi BBM Mahal

suarasurabaya.net| Semenjak kenaikan BBM yang juga menaikkan harga mitan dan gas elpiji, bioethanol bahan bakar fermentasi dari limbah singkong yang tadinya tidak direspon keberadaannya oleh masyarakat kini mulai dilirik untuk digunakan sebagai alternatif bahan bakar menggantikan mitan dan elpiji.






Bioethanol bahan bakar yang ditemukan oleh tim ITS dari beberapa limbah buah-buahan pada tahun 1999 ini bekerja sama dengan Koperasi Manunggal Sejahtera binaan GIRI SUSENO HADIHARDJONO mantan Menteri Perhubungan Indonesia mulai mengkampanyekan bahan bakar bioethanol ini beserta kompornya.


SRI NURHATIKA Dosen Biologi ITS pada suarasurabaya.net, Sabtu (18/10) menjelaskan beberapa kelebihan bioethanol dibandingkan dengan mitan, selain lebih murah bahan bakar ini juga aman karena mudah dipadamkan apabila terbakar dan efisien karena dapat digunakan pada wadahapapun, “Kaleng juga bisa digunakan kok,” kata SRI.

Harga bioethanol sendiri cukup terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, karena memang target utama bahan bakar bioethanol adalah masyarakat menengah ke bawah yang semakin tercekik dengan harga mitan, elpiji dan bensin.





Saat ini sosialisasi bioethanol dan kompornya sudah dilakukan pihak Koperasi Manunggal Sejahtera dan ITS dengan mengadakan pelatihan di beberapa daerah di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur, diharapkan bahan bahar bioethanol ini dapat membantu mengatasi masalah BBM yang semakin menanjak harganya.

Dalam “Bioethanol Campaign Mall to Mall” selain acara mensosialisasikan bio ethanol dan kompornya ke masyarakat, ada pula acara lomba memasak bagi ibu-ibu yang ingin mencoba memasak dengan menggunakan bioethanol, ungkap SRI.

Hadir pula mantan Putri Indonesia tahun 1992 yang kini menjadi caleg dari Partai Bintang reformasi (PBR) PUNGKI SUKMAWATI mengikuti lomba memasak dengan menggunakan bioethanol serta kompor hasil produksi warga Mojokerto.(cit/ipg)

Teks Foto :
1.Kompor dan Bahan bakar Bioethanol dikampanyekan oleh Tim ITS dan Koperasi Manunggal Sejahtera.
2.PUNGKI mantan putri Indonesia mengikuti lomba masak dengan menggunakan bioethanol.
Foto: CITRA suarasurabaya.net




Sumber artikel dan gambar: http://www.suarasurabaya.net

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :