Friday, March 20, 2009

Burger Batok, Men-"djawaken" Burger




“Terima kasih telah membeli produk lokal dan menyelamatkan rupiah agar tidak pindah ke negera lain”

Ada lagi.

“Thingk Globally, Burger Locally”
(Tidak ada satu sen pun royalti mengalir ke negara lain)

Kalimat di atas tercetak di kemasan burger. Ada-ada saja orang berjualan. Ini cuma soal makan burger. Tapi, sang pengelola berupaya menyentuh sentimen penikmat makanan asal “londho” sana dengan menyinggung-nyinggung nasionalisme.

“Kami ingin memberi value pada burger yang kami jual. Warung burger ini kami buka tahun ini. Nah, tahun ini kan persis satu abad kebangkitan nasional. Kami ingin berpartisipasi dengan cara kami membangkitkan semangat cinta tanah air,” ujar Endosiarno, pengelola Burger Batok serius.

Demi nasionalisme itu pula, burger di warung ini pun dilokalkan sedemikian rupa sehingga dekat dengan bumi nusantara. Maka, teman makan burger bukan minuman bersoda, tapi teh poci atau kopi. Selain itu, daging sapi berselimut roti dimasak dalam batok kelapa. Itulah kenapa namanya “Burger Batok”.

Kalau Anda melintas di Jalan Raya Kalimalang ke arah Bekasi, persis di sisi Polsek Duren Sawit, Jakarta Timur, Anda akan melihat kumpulan warung makan dalam sebuah areal. Warung Taman namanya. Nah, salah satu warung di sudut belakang areal itu adalah Burger Batok.

Memang jualannya burger, tapi jangan bayangkan Anda akan berjumpa dengan ornamen-ornamen “barat” di warung itu. Sebuah poster besar di belakang kasir yang menutup seluruh tembok adalah gambar Punakawan (Semar, Gareng, Petruk dan Bagong). Sementara, di ruangan bagian dalam, sebuah poster besar yang juga menutup seluruh tembok adalah gambar seorang lelaki dan perempuan berpakaian jawa. Di sisi kanan warung itu, ada anglo dengan arang yang membara sepanjang hari. Di atasnya ada teko berisi teh.

“Semua pengunjung di warung ini boleh nambah teh sepuasnya. Silakan ambil di teko itu,” ujar Endosiarno.

Burger Batok adalah satu dari sekian merk burger yang kini sedang menjamur di Jakarta. Sebut saja, Burger Blenger, Burger Edam, De Jon’s Burger, dan yang lagi ngetrend sekarang Burger King. Entah bagaimana mulanya, tiba-tiba Kota Jakarta kebanjiran aneka merek burger.

Dibanding burger-burger lainnya, Burger Batok ini pemain baru. Muncul pertama awal Maret tahun ini. Menyadari ketatnya persaingan, burger anyar ini pun melakukan modifikasi untuk membedakan dirinya dengan burger-burger yang sudah ada. “Ini satu-satunya dan pertama di dunia, burger di masak dalam batok kelapa. Batoknya kami pesan khusus dari Yogyakarta,” klaim Endorsiano.

Seperti apa sih dimasak dalam batok kelapa? Siang itu Endosiarno pun beraksi. Irisan daging sapi yang disimpan di lemari es di keluarkan dan di panggang di atas wajan panggang. Beberapa saat kemudian, ketika daging sudah setengah matang, sebuah batok kelapa ditutupkan di atas daging itu. “Supaya panas panggangan tidak menyebar, daging pun akan matang secara merata,” jelas dia.

Setelah itu, daging sapi ditaruh diantara roti bersama mentimun, tomat dan kol. Lho, kok kol, bukan selada? “Burger ini seratus persen Indonesia. Jadi, kami tidak menggunakan selada, tapi kol. Kami juga tidak menggunakan timun jepang, tapi timun biasa,” terang dia.

Bukan itu saja, ada lagi “Indonesia” yang lain. Keju di dalam burger itu bukan berupa lembaran, tapi keju parut. Lalu, cairan mayonaise ditaburkan di atasnya. Burger yang sudah siap lantas ditaruh di dalam mangkuk dari batok kelapa dan disajikan kepada pegunjung. Harganya Rp 9.000. Lucu juga. Saya senyum-senyum sendiri melihat sepotong burger di dalam batok kelapa ini.

Soal ke-“Indonesiaan” burger ini ternyata belum selesai. Ketika menyantapnya, mayonaisenya terasa berbeda. Kalau biasanya mayonaise lebih kuat rasa asamnya, di burger batok ini rasanya jauh lebih manis. “Mayonaisenya kami buat sendiri. Kami sesuaikan dengan lidah Indonesia, lidah jawa sih persisnya. Jadi lebih manis. Gimana Indonesia banget kan…hahaha…” kata Endorsiano sambil tertawa.

Memang nyeleneh burger satu ini. Selain burger, warung ini menyediakan makanan dengan nama nyeleneh lainnya. Nasi goreng rakyat, ini nasi goreng kampung biasa bertabur kol dan sayur. Lalu ada Mie Panas Ningrat. Disebut ningrat karena mie godok ini disajikan di atas hotplate.

Minumannya juga tak kalah nyeleneh. Ada Teh Mbaurekso, teh poci biasa, tapi pembeli bebas mengisi air panas dari teko yang tersedia bila air teh pada poci gerabah habis. Kopi kuwalat, nah ini, disebut kuwalat karena gelasnya dibalik. Bibir gelas ada di dasar piring dengan sedotan menyembul untuk menyeruput kopi. Tradisi minum kopi dengan cara ini biasa ditemukan di daerah Sumatera. Ada pula Kopi Joss. Minuman ini populer di Jogya. Kopi panas disajikan dengan arang membara yang dimasukkan ke dalam gelas berisi kopi.

Sambil menikmati penganan, Anda bisa menikmati kenyelenehan yang lain lagi. Mungkin Anda akan senyum-senyum sendiri membaca aneka poster kata-kata di warung ini. Lumayan buat mengusir stres karena naiknya harga BBM.

Di belakang kasir, di atas gambar punakawan, ada kata-kata ini yang tercetak besar-besar: Kaloe sampejan tidak poeas makan di sini, silahken tambah sadja, tapi kaloe poeaas, silahken pesan oentoek oerang tertjinta.

Sementara, di tembok bagian dalam ada pajangan bingkai dengan kata-kata ini.
Burgernya OKE. Makanan lain OKE. Yang lebih OKE pasti pembelinya.
Pinjami uangmu sekarang, nanti tak tukarken burgerku.
1 Porsi belum terasa silahkan coba 2 porsi. Masih belum terasa, itu yang kami suka.

Ada-ada saja....

_______________________________________
Burger Batok

Waroeng Taman
Jln. Swadaya no. 22
Kalimalang, Jakarta Timur
(Samping kiri kantor polisi Duren Sawit-Kalimalang)

Harga: Rp 4.000 – Rp 9.000




Sumber artikel dan gambar: http://www.kompas.com/read/xml/2008/05/29/1018539/burger.batok.men-djawaken.burger

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :