Friday, March 20, 2009

Pulau Bidadari, Wanita Cantik Pengawal Taman Nasional







oleh: Samuel Oktora Batarade

Pulau Bidadari memang molek untuk ukuran ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Berbeda dengan pulau lain di sekitarnya, Pulau Bidadari luasnya 15,4 hektar, dalam kepungan garis pantai berpasir putih. Perairan sekitarnya menyimpan pesona sendiri dari berbagai jenis terumbu karang yang masih relatif asli.

Meski demikian, namanya jarang mencuat. Mungkin karena terkubur oleh kemasyhuran nama besar Taman Nasional Komodo (TNK) yang terkenal hingga pelosok dunia karena menyisakan kadal raksasa bernama komodo.

Jika turis ingin mengunjungi TNK atau Pulau Bidadari, biasanya dari Labuanbajo, kota Kabupaten Manggarai Barat, yang juga meliputi kawasan tersebut. Khusus ke Pulau Bidadari, jaraknya dari Labuanbajo sekitar 15-20 menit dengan perahu motor cepat.

Mencuatnya nama Bidadari, kemungkinan karena pergantian nama. Konon awalnya bernama Pulau Bajo. Entah mengapa, belakangan berganti nama menjadi Bidadari. Terkait pergantian nama ini, sejumlah warga di Labuanbajo mengisahkan dengan versi berbeda-beda. Ada yang mengatakan karena daratan Pulau Bidadari banyak ditumbuhi pohon bidara.



Versi lainnya, pergantian nama karena kemolekan pulau itu. Kekuatannya, tidak hanya keindahan terumbu karang di perairan sekitarnya, namun juga garis pantai yang memesona. Pergantian nama ini diperkuat lagi oleh kisah beraroma mistik, konon karena heningnya suasana di pulau itu, sering terlihat sosok makhluk halus mirip perempuan cantik. Penduduk bermata tajam melukiskan makhluk halus mirip bidadari atau perempuan cantik.

Ada lagi versi yang agak rasional. Pulau Bajo berganti nama seiring dikenal-luasnya TNK menjadi obyek wisata dunia. Wisatawan tidak hanya menikmati komodo di Pulau Komodo atau Pulau Rinca dalam kawasan TNK. Mereka juga mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitarnya, termasuk Pulau Bajo (Bidadari).

Menyaksikan keindahan dan keheningan Pulau Bajo, para turis langsung berbugil ria menikmati pantai sambil mandi. Karena yang berbugil ria termasuk bule perempuan, langsung menjadi kisah hangat di kalangan masyarakat. Perempuan bule itu dilukiskan sebagai bidadari. Kisah itu kemudian mengental dan menggusur nama Pulau Bajo menjadi Pulau Bidadari. Karena tidak jauh dari TNK, Pulau Bidadari diyakini sebagai penjaga atau pengawal taman tersebut.

Polemik

Setidaknya dua pekan terakhir, nama Pulau Bidadari melambung tinggi, nyaris mengubur TNK. Pemicunya, kehadiran warga Inggris, Ernest Lewan Dowsky, yang membangun usaha pariwisata di Pulau Bidadari. Ernest disebut membeli Pulau Bidadari seharga Rp 495 juta, dari Haji Muhamad Yusuf. Versi ini memancing polemik luas karena warga asing tidak dibenarkan memiliki lahan tanah apalagi pulau dalam wilayah NKRI.

Menurut pemerintah, Ernest tidak membeli Pulau Bidadari. Ia hanya memiliki hak guna usaha selama 30 tahun, meliputi lima hektar dari 15,4 hektar luas Pulau Biadari.

Terkait jual beli tanah Pulau Bidadari, banyak pihak di Manggarai Barat bertanya-tanya, bagaimana bisa pulau dijual dan siapa Haji Muhamad Yusuf itu. Mengapa investor sekelas Ernest berinvestasi di Pulau Biadadari langsung melobi HM Yusuf?

Dari cerita sejumlah tetua di Labuanbajo, Pulau Bajo dan sekitarnya di waktu lampau dibawah kekuasaan punggawa Bajo.

Punggawa Bajo mengawal wilayah kekuasaan yang konon sangat luas hingga perbatasan dengan Nusa Tenggara Barat (NTB). HM Yusuf dikenal sebagai keturunan Punggawa Bajo dan kini jenazahnya dikubur di Pulau Bidadari.

Tak heran jika Ernest melobi HM Yusuf pada tahun 2000 karena dianggap penjaga Pulau Bidadari. Sejumlah uang yang diberikan kepada HM Yusuf sekadar imbalan agar usaha Ernest lancar, tidak diusik-usik.

Adalah wajar apabila Ernest yang sebelumnya membuka usaha di Gili Air, Lombok Barat, NTB, melirik Pulau Bidadari untuk membangun bungalow dan rumah makan. Sebab, pulau ini indah. Selain berpasir putih, sebagai obyek wisata, Bidadari diyakini mampu mendatangkan keuntungan.


Sumber artikel: http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0603/07/daerah/2480949.htm

Sumber gambar:

http://www.iklandb.com/wisata-bahari-kepulauan-seribu.html

http://arifanda.com/2008/06/chapter-ii-strange-foreign-beauty/

1 comment:

indohoy said...

biaya klo dari jakarta ke sana berapa ya ? thanks

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :