Tuesday, July 21, 2009

Anak Cermin Orang Tua




Lebih dari sekedar amanah , anak adalah qurrata a’yuun , penetram jiwa. Sabda Nabi, amanah itu meliputi : memberikan nama yang baik dan pendidikan yang terbaik. Bukan main-main, membimbing anak butuh waktu dan pengerbonan yang juga tak main-main. Besarnya pengorbanan, bahkan hmapir seumur hidupnya, kadang membuat orang tua paling berjasa.

Padahal kadang anak jadi alasan orang tua untuk berbuat nista, korupsi misalnya. ”Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. At-Thaghabuun 64:14).

Jarang ada orang tua yang menjadikan anak-anaknya sebagai cermin. Mereka sering menjadikan anak sebagai obyek belaka. Tak heran bila ada pepatah bernada negatif ” Air cucuran atap, jatuhnya ke pelimbahan juga, atau ”like father, like sons”. Padahal orang tua perlu menyadari bahwa anak-anak belajar dari mereka.

Dan hal-hal yang sepele, seperti cara mendengarkan, mengamati, dan memberikan tingkah laku orang tua.

Bagi orang tua, prisip hidup hidup tertinggi alam mendidik anak adalah ibadah atau pengabdian. Sebab disadari, anak-anak kita bukanlah anak-anak kita, dia adalah anak-anak kehidupan dunia dan akhirat. Di dunia orang tua bertugas mendampingi mereka setiap mereka memasuki masa-masa kritis dalam kehidupan mereka. Di Akhirat, orang tualah yang kelak menghantarkan mereka semua untuk memasuki pintu gerbang surga.

Apalagi tantangan globalisasi sekarang ini para orang tua tidak pernah bermaksud menjadikan anak-anak menjadi steril, namun menginginkan agar mereka memiliki imunitas atau kekebalan. Orang tua ingin agar mereka seperti ikan yang tetap tawar meskipun mereka hidup di air laut yang asin. Caranya ?

1. Bentuklah potret keluarga masjid
2. Terimalah anak apadanya
3. Tumbuhkan dorongan dari dalam diri anak
4. Berilah anak pilihan untuk membuat keputusannya sendiri
5. Jadikanlan anak mandiri dan bertanggung jawab
6. Sambungkan tali komunikasi anak dengan Allah SWT


Sumber artikel dan gambar : http://forsikatelsbt.blogspot.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :