Wednesday, July 15, 2009

Jepang Terobsesi Ciptakan Robot Serangga Tercanggih




Rachmatunnisa - Okezone

Robot serangga berukuran sangat kecil yang tengah dikembangkan para ilmuwan di Jepang (Foto: AFP).

TOKYO - Sejenis robot berbentuk lebah memiliki kemampuan untuk melacak dan membaui keberadaan obat-obatan terlarang yang tersembunyi. Selain itu, si robot juga bisa mencari dan mengenali korban dalam reruntuhan bangunan.

Mungkin hal itu terdengar seperti skenario film fiksi, namun nyatanya gambaran robot tersebut merupakan bagian dari visi yang tengah dikembangkan oleh ilmuwan Jepang. Ya, mereka tengah berupaya memahami cara kerja robot lebah dan memprogramnya untuk tugas-tugas yang lebih spesifik.

Profesor dari Research Centre for Advanced Science and Technology di Tokyo University, Ryohei Kanzaki, telah mempelajari otak serangga selama kurun waktu tiga dekade dan dia menjadi perintis dalam bidang pengembangan robot serangga. Demikian keterangan yang dikutip dari AFP, Rabu (15/7/2009).

"Serangga memiliki sekira 100.000 jumlah sel syaraf di dalam otaknya yang hanya berukuran lebar dua milimeter. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan manusia, namun ukuran tidak menentukan segalanya," kata Kanzaki.

Otak serangga yang sangat kecil memiliki kemampuan untuk mengontrol aktivitas terbang dan berakrobat di udara yang sangat kompleks. Dengan kemampuan itu mereka bisa menangkap serangga lain sambil terbang. Hal itu membuktikan mereka adalah makhluk dengan peranti lunak canggih di dalam otak mereka.

Para pengembang robot kemudian meniru cara kerja otak serangga untuk diaplikasikan ke otak robot. Mereka juga mengamati syaraf yang paling dominan merespon rangsangan untuk kemudian membuatnya bisa dilihat menggunakan gambar tiga dimensi yang bercahaya.

Kanzaki juga mengungkapkan keinginanannnya untuk untuk membuat robot tersebut agar bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan cuaca.

"Sangat menarik jika kita berhasil membuat sebuah robot yang memiliki kemampuan yang sangat mirip dengan makhluk hidup sungguhan. Mereka bisa mengenali bau, merangkak, dan bekerja seperti manusia. Saya tengah mempersiapkan robot dengan kemampuan luar biasa," tandasnya.
(srn)


Sumber artikel dan gambar: okezone.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :