Wednesday, September 30, 2009

Kriuk dan Garingnya Pizza…


SURABAYA | SURYA.CO.ID - Pizza berasal dari Italia, ketika masuk ke negara lain bentuk dan isinya sudah disesuaikan sesuai selera lokal. Sehingga bermunculan banyak jenis pizza saat ini, entah gaya asli Italia, Sisilia, Yunani, New York, Chicago, bahkan Meksiko.

Adonan dasar pizza, disebut crust di Amerika Serikat dan Kanada, terdiri dari dua bentuk yaitu tebal dan tipis. Sedangkan isian (topping) sesuai selera. Ada kalanya orang lebih suka banyak bawang Bombay di atas adonan pizza, ada juga yang menyukai lebih banyak keju mozarella atau makanan laut.

Memanggang pizza bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk restoran biasanya memakai oven listrik dan tungku terbuat dari batu bata yang memakai kayu atau batubara. Di rumah, bisa memakai oven biasa atau alat panggang barbecue.

Resep asli pizza dari Italia disebut Neapolitan pizza yang dibuat dengan bahan-bahan lokal. Seperti saus tomat San Marzano yang tumbuh di lereng pegunungan hingga sebelah Selatan Gunung Vesuvius. Kejunya juga istimewa, yaitu keju mozzarella di Bufala Campana terbuat dari air susu kerbau yang diternak di kawasan Campania dan Lazio.

Sementara adonan dasar pizza terdiri dari tepung gandum Italia tipe 0,00 atau kombinasi keduanya, fermipan asli dari Neapolitan, garam dan air. Agar hasil lebih optimal, digunakan pula tepung terigu protein tinggi. Semua bahan diuleni dengan tangan atau mixer berkecepatan rendah.

Setelah mengembang, adonan dibentuk dengan tangan tanpa bantuan rol kayu atau alat lainnya hingga ketebalan 3 mm. Lalu, dipanggang pada tungku batu yang dibakar dengan kayu oak selama 60 detik - 90 detik dengan suhu 485 derajat Celcius.

Nah… resep buatan chef Ni Ketut Bhakti dari Hotel Shangri-La Surabaya, dia memakai tepung terigu protein tinggi karena memiliki gluten yang kuat. Beda dengan membuat cookies yang perlu tepung terigu protein rendah, atau cake dengan tepung terigu protein sedang.

“Pizza di Italia ada juga yang dibuat dari tepung kentang,” ujar Ni Ketut. Minyak yang dipakai sebagai adonan dasar tidak selalu zaitun. Bisa juga diganti dengan minyak sayur atau minyak jagung. Asal dua bahan dasar pizza tidak boleh ditinggalkan yaitu keju mozarella dan saus tomat.

Ni Ketut membuat dua resep, Pizza Calzone yang berbentuk seperti pastel raksasa dengan topping seafood, serta Pizza Volcano seperti gunung api yang terasa lezat dengan campuran daging cincang dan sayuran, termasuk bawang Bombay.

Cara panggangnya memakai tungku batu berceruk dalam. Supaya bisa menjangkau ke dalam, chef memakai sekop panjang disebut peel. Supaya bentuk gunung berapi pada Pizza Volcano tercapai, adonan harus dikunci dengan olesan telur dan ditekan dengan gigi garpu.

Saat terkena suhu panas, adonan akan mengembang. “Efek gunung akan terbentuk ketika suhu panas dalam adonan yang bertumpuk itu naik. Karena tidak bisa keluar, bentuknya menggembung seperti gunung,” terang Ni Ketut. Agar warna kecokelatan merata, putar-putar pizza di dalam tungku.

Anda pun bisa mencobanya di rumah meski tidak bisa mendapat bentuk sempurna seperti gunung. Yaitu dengan menambahkan batu bata ke dalam oven. Namun, mampu memperkuat aroma pizza yang lezat dan khas. Pizza sendiri menjadi makanan utama pada siang hari di Italia. Molto squisito! ida


Sumber artikel dan gambar : surya.co.id


No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :