Thursday, August 21, 2008

Hypnotherapy bukan sekedar terapi pelengkap




Banyak orang sudah merasakan manfaat hypnotherapy, dan kini saya dapat menyimpulkan bahwa hypnotherapy yang selama ini dianggap sebagai terapi pelengkap / komplementer / pendukung , bahkan terapi alternatif, ternyata suatu kekeliruan yang besar.

Hypnotherapy dapat dijadikan bentuk terapi utama untuk kasus-kasus tertentu.

Pada kasus kasus psikis tertentu, mulai dari yang paling ringan seperti patah hati, low self esteem, trauma, phobia, anger, insomnia, bullying, sampai stress, anxiety, panick attack, depresi, dan bipolar mania disorder, PTSD, hypnotherapy dapat menjadi terapi utama, bukan sekedar terapi pelengkap atau pendukung, karena hypnotherapy dapat mencari "akar masalah" dari kasus-kasus di atas yang berada di pikirian bawah sadar klien, dan menyelesaikannya, contohnya dengan age regression dan age progression.

Metode hypnotherapy modern dengan orientasi kepada klien lebih banyak berperan untuk ‘membuka' kesadaran klien untuk mengetahui masalah utamanya dan membantu klien untuk menyembuhkan atau menyelesaikan masalahnya oleh dia sendiri. klien menjadi lebih merasa nyaman dengan kondisinya dan dapat menerima kondisinya, sehingga tidak mengganggu aktivitasnya atau kegiatannya sehari-hari.


Hypnotherapy banyak menggunakan teknik relaksasi tetapi hypnotherapy juga bukan terapi relaksasi semata, relaksasi memang dapat dijadikan salah satu teknik induksi yang membuat orang yang sedang stress menjadi rileks, tapi inti dari hypnotherapy adalah pemberian sugesti / suggestion yang diberikan pada saat klien berada pada kondisi hypnotic sleep / hypnotic state atau trance (sebenarnya saya kurang suka dengan istilah trance, karena berdasarkan pengalaman saya klien agak merasa takut dengan kata "trance" kata "terhipnosis" mungkin lebih tepat), menurut saya relaksasi tidak menjadi syarat mutlak dalam hypnotherapy, pemberian sugesti yang tepat lebih berguna daripada relaksasi.

Hypnotherapy langsung bekerja merubah pikiran bawah sadar (sub-conscious mind) klien dengan pemberian suggestions (saran - saran baru) yang ditanamkan oleh sang therapist ke pikiran bawah sadar klien, memberi post hypnotic suggestions, baru kemudian sang therapist akan mengajari klien untuk melakukan self hypnosis.

Jika seorang klien yang sedang berada dalam pengobatan medis, maupun alternatif terhadap gangguan fisik murni, seperti akupunktur, akupressure, refleksologi, detox therapy, atau apapun namanya. Hypnotherapy dapat berfungsi sebagai terapi pelengkap / pendukung / penunjang.

Karena seorang hypnotherapist dapat meyakinkan klien bahwa bentuk terapi yang dijalaninya akan berhasil. Hypnotherapy dapat membangun kepercayaan klien akan terapi yang sedang dijalani, membangun harapan akan kesembuhan, dan pada akhirnya bersama dengan cara-cara pengobatan medis, atau alternatif, dapat bersinergi membebaskan klien dari masalahnya atau penyakit dalam tanda kutip.

Yang menjadi permasalahan, banyak hypnotherapist, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri, yang masih percaya bahwa ilmu yang dimilikinya (hypnotherapy) adalah terbatas hanya sebagai terapi pelengkap atau pendukung saja.

Mengapa hal ini terjadi? Karena kebanyakan hypnotherapist juga masih memiliki sifat kurang percaya diri karena ilmu yang masih dirasa kurang, ragu-ragu, kurang berani, terlalu berpatokan pada text book, mencoba menterjemahkan dan menghafalkan script (buku yang berisi script kebanyakan berbahasa inggris) , kurang kreatif, dalam menyelesaikan masalah kliennya.

Mereka tahu bahwa hypnotherapy dapat menjadi teknik anestesi pada kasus pembedahan, tapi belum pernah mencoba. Karena saya kebetulan juga menjalankan klinik medis, saya pernah mencobanya ketika seorang klien harus menjalani sirkumsisi (khitan), dan sama sekali tidak perlu lidocaine meskipun hanya satu ampul! Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena saya, dokter bedah dan klien, sudah berdiskusi dan bekerjasama dalam pre-surgery discussion.

Seorang hypnotherapist tidak mengenal kata gagal, karena dalam proses hypnotherapy memang tidak ada kegagalan (jika klien memenuhi kriteria sebagai orang yang dapat di-hypnosis seperti masih bisa berkomunikasi dengan baik, tidak mentally retarded atau menderita penyakit jiwa yang berat ).

Hypnotherapy juga tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah hypnotherapy yang diberikan oleh seorang hypnotherapist yang kurang berpengalaman.

Tingkat keberhasilan sebuah rangkaian hypnotherapy, ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kepercayaan yang tinggi dari klien, kerjasama yang baik antara klien dan sang therapist, kedisiplinan klien dalam mengikuti program therapy dan kepiawaian sang therapist dalam menguasai "the art of hypnotherapy", karena memang hypnotherapy adalah sebuah "art of healing", hypnotherapy merupakan sebuah karya seni yang mengagumkan.

Sumber:www.ajangkita.com

3 comments:

bambang said...

saya ingin berhenti merokok, bisakah anda memberikan alamat prktek hypnotherapy di Malang/ Jawa Timur?

Anonymous said...

bisa beritahu caranya hypnotherapy?

karim said...

Very thoughtfull post . It should be very much helpfull

Thanks,
Karim - Positive thinking

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :