Saturday, August 30, 2008

Kartu Tarot.. Sang peramal




Semua orang pasti familiar dengan kata “Tarot”. Apa sih “Tarot”?

Tarot adalah sekelompok kartu berjumlah 78 lembar yang umumnya digunakan untuk kepentingan spiritualTarot atau ramalan nasib. Kartu Tarot tersusun oleh 78 kartu yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu Arkana Mayor (Major Arcana) dan Arkana Minor (Minor Arcana). Arkana Mayor terdiri dari 22 kartu, sedangkan Arkana Minor terdiri dari 56 kartu. Kartu-kartu yang tergolong dalam Arkana Mayor sering disebut sebagai kartu trump, yang berarti mereka memiliki keunggulan dibanding kartu-kartu Arkana Minor.

Menurut catatan sejarah, umur Tarot diramalkan sudah lahir sejak masa Nabi Musa As yang dikenal secara lisan dan berkembang di kalangan bangsa Ibrani yang kemudian berproses dalam kurun waktu sangat panjang dan dikenal sebagai ilmu Qaballa (Kaballah). Pada permulaan abad ke-12 sampai dengan abad ke-15, ilmu ramal meramal berkembang pesat di daratan Eropa sampai pada abad pencerahan yang memisahkan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan. Tarot dapat mencapai Eropa karena dibawa oleh orang-orang Gypsy, dimana konon kata “Gypsy” merupakan reduksi dari “Egyptian” yaitu Orang Mesir. Gypsy memperkaya pengetahuan tentang Tarot karena mereka juga memasukkan unsur-unsur budaya lain akibat dari perjalanan mereka melintasi daerah-daerah berkebudayaan tinggi.

Tarot berarti jalan hidup yang utama. Bangsa Mesir menyebutnya dengan istilah “Jalan Bangsawan“, jalan yang mengarah kepada hal-hal yang baik. Dalam bahasa Sansekerta dikenal sebagai “Rota“, yang berarti Roda Hidup. Sementara bangsa Arab menyebutnya sebagai “Turuq” yang berarti empat jalan, sebagaimana empat gambar yang terdapat pada Arkana Penunjang.

Kartu Tarot sendiri berasal dari Italia. Hal ini dikarenakan asal mula kata “Tarot” itu, menurut sebagian pewacana Tarot, berasal dari “Taro” yaitu nama sebuah sungai yang melintasi Italia, tempat dimana para Gypsy mengembangkan seni meramal dengan kartu ini. Pendapat lain juga mengatakan bahwa kata “Tarot” merupakan distorsi kata dari bahasa Arab “Tareqat” yang berarti “jalan”. Pada awalnya, permainan kartu ini bernama Carde da Trionfi atau yang lebih dikenal dengan Kartu Kejayaan (Trionfi: berjaya atau menang, triumph). Dan, sebanyak 28 dokumen tertanggal 1442-1463 mencantumkan permainan kartu bernama Trionfi.





Kepopuleran kartu Tarot diperkirakan bermula sejak Antoine Court de Gebelin (1723-1767) menerbitkan sebuah buku pada tahun 1781. Buku tersebut menyatakan bahwa pendeta-pendeta Mesir kuno telah melukis kartu Tarot berdasarkan buku Toth (The Book of Toth), yaitu sebuah buku yang menjelaskan tentang mistik Mesir Kuno. Mereka kemudian membawa gambar-gambar tersebut ke Roma untuk dipersembahkan kepada Paus. Paus kemudian memperkenalkan Tarot ke Avignon, Perancis, pada abad ke-14. Setelah mendapat pengaruh dari Perancis, nama Trionfi berubah menjadi Tarocchi.

Keduapuluh dua kartu Tarot yang tergolong dalam Arkana Mayor, yang terdiri dari: 0Kartu-kartu Arkana Mayor (The Fool), I (The Magician), II (The High Priestess or The Popess), III (The Empress), IV (The Emperor), V (The Hierophant or The Pope), VI (The Lovers), VII (The Chariot), VIII (Strength), IX (The Hermit), X (Wheel of Fortune), XI (Justice), XII (The Hanged Man), XIII (Death), XIV (Temperance), XV (The Devil), XVI (The Tower), XVII (The Star), XVIII (The Moon), XIX (The Sun), XX (Judgement), XXI (The World); merupakan lambang perjalanan bintang yang erat kaitannya dengan siklus kehidupan manusia. Kata “Arcana” sendiri berasal dari bahasa Latin “Arcanum” yang berarti misteri. Lambang atau gambar yang terdapat pada kartu Arkana Mayor (Major Arcana) ada pada sebuah manuskrip kuno yang ditemukan di dekat kota Fez di Maroko.

Kartu-kartu Arkana MinorSedangkan kelimapuluh enam kartu yang tergolong dalam kartu Arkana Minor terbagi menjadi 4 (empat) jenis kartu, dimana menurut tradisi Italia, jenis-jenis kartu tersebut adalah: Pedang, Cawan, Tongkat, dan Koin. Kelompok-kelompok tersebut terdiri dari kartu As, 2-10, dan kartu-kartu royal: Jack (disebut juga Page atau Knave), Knight (Ksatria), Queen, dan King. Jumlah kartu tiap kelompok terdiri dari 14 (empatbelas) kartu.

Pada awal abad ke-20, kartu Tarot semakin berkembang dengan perkenalan berbagai kumpulan desain Tarot yang diterbitkan di Inggris dan Amerika berdasarkan kebudayaan mistik Barat, yaitu Kaballah, yang erat hubungannya dengan dunia Astrologi. Dalam budaya Barat, kartu Tarot dipercaya memiliki kemampuan untuk meramal masa depan, nasib, dan peruntungan. Kartu Tarot bahkan dipakai sebagai alat untuk mencapai alam bawah sadar. Di negara-negara, seperti: Perancis, Italia, Swiss, Austria, dan Jerman, Tarot masih menjadi permainan kartu favorit.

Tarot modern dalam bentuk kartu yang tertua dan yang ditemukan dalam keadaan paling utuh adalah The Visconti-Sforza dari Italia yang dibuat pada tahun 1450-an. Visconti-Sforza adalah sebuah nama keluarga bangsawan yang eksis di tahun 1432-1440, dan berkat jasa penciptaan merekalah, pada awal abad ke-15 di bagian Utara Italia, kartu Tarot mengalami masa kejayaan. Keluarga Visconti-Sforza menciptakan desain kartu Tarot tersebut sesuai dengan cita rasa kesenian yang berkembang saat itu, sebagai hadiah istimewa bagi pernikahan putra-putri mereka.

Tarot yang banyak dikenal saat ini bermula dari di-reinterpretasikannya simbol-simbol Tarot oleh Arthur Waite, seorang anggota sekte “The Order of The Golden Dawn“, dan digambar ulang oleh Pamela Smith di Inggris pada awal abad ke-19. Kartu Tarot ini kemudian diterbitkan oleh Rider, sehingga sering dikenal dengan nama Rider-Waite Tarot, atau yang lebih populer lagi dan lebih dikenal saat ini adalah Rider-Waite-Smith Tarot.

Sumber: http://sotyasaridhanisworo.wordpress.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :