Tuesday, August 5, 2008

Nikmatnya Daging kebab




Menusuk daging lalu membakarnya di atas api, mungkin merupakan teknik memasak yang paling tua yang dikenal manusia. Hingga kini, teknik memasak itu boleh dibilang masih merupakan teknik pengolahan hidangan yang terbaik.

Wangi daging gosong di pinggirnya, sementara bagian tengah daging lembab, tetap mampu memancing selera makan semua bangsa dari berbagai peradaban. Mulai dari sate yang kita kenal, yakitori-nya orang Jepang, hingga brochettes milik bangsa Perancis. Namun, dari berbagai jenis hidangan kebab, kebab asal Timur Tengahlah yang paling istimewa. Siapa yang tidak kenal shish kebab atau kofta yang lezat itu.




Begitu lezatnya hingga Christopher Columbus saat berkunjung ke Portugis menikmati shish kebab yang dimarinate dalam anggur dan dipanggang di alam terbuka.

Konon, kebab yang dalam literatur berarti masakan yang ditusuk, berasal dari Turki. Di negara asalnya dan Timur Tengah, bahan yang disukai untuk membuat kebab adalah daging biri-biri atau daging domba. Namun, tidak berarti bahan makanan lain tidak bisa dibuat kebab.

Di negara asalnya, dikenal tiga jenis kebab berdasarkan cara penyajiannya. Doner kebab yang terbuat dari lapisan daging bagian bawah dan bagian kaki atas domba yang dipanggang dengan cara diputar pelahan di atas panggangan. Setelah lapisan luar dagingnya terbakar, potong tipis dan sajikan. Shish kebab adalah panggang daging bagian samping yang dipotong berbentuk kubus dan ditusuk seperti sate. Dan kofte kebab yang merupakan daging bagian bawah yang dibentuk bulatan mirip bakso yang kemudian dibakar, diasap, atau digoreng.

Selain Turki dan negara Timur Tengah, kebab India juga tidak kalah terkenalnya. Maklum, ada hal unik yang berhubungan dengan pembuatan kebab India, yaitu dibakar dalam tandoor. Sehingga, kebab ala India memiliki rasa dan aroma yang khas.

Panggangan khas India ini terbuat dari tanah liat dengan sisi berbentuk lingkaran setinggi 150 sentimeter, dengan arang di bagian dasarnya sebagai sumber panas. Memanggang dengan tandoor akan membuat masakan lebih cepat matang karena panas apinya besar dan tersebar secara merata.

Sayangnya, bentuk tandoor yang unik itu sama sekali tidak cocok jika dibuat di dapur yang hanya digunakan untuk memanggang ayam, daging, atau ikan sesekali saja. Padahal, hasil panggangan dengan tandoor memiliki kelezatan tersendiri. Bagian luarnya garing, namun bagian dalamnya masih basah. Belum lagi aroma khasnya yang tidak bisa didapatkan jika memanggang tanpa tandoor.

Kelezatan kebab semakin sempurna jika disantap bersama naan, roti khas India, yang juga dibakar menggunakan tandoor. Silakan pilih bersantap kebab dengan khandani naan, makhni naan, lazeez naan, tandoori roti, atau romali roti yang dikenal dengan handkerchief bread. Semuanya, ehm! (Diah A. Chandra/Sapto Pradityo/Martua Manullang)
sumber: www.korantempo.com

1 comment:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :