Saturday, August 30, 2008

13 Langkah memacu kreativitas




Kita pasti menginginkan punya otak kreatif dengan segudang ide seperti mereka, bukan? Padahal untuk bisa kreatif seperti itu, bukan sesuatu yang tidak mungkin, lo. Karena kreativitas bukanlah bawaan lahir, jadi sebenarnya bisa kita pelajari. Tips berikut ini bisa membantu Kita agar lebih kreatif.


1. Ubah Pola Pikir Kita


Jika pola pikir Kita yang sekarang ini tidak menghasilkan banyak ide, jelas kita membutuhkan perubahan pola pikir. Pola pikir kita yang selama ini mungkin memang berhasil untuk menerapkan gagasan, mengerjakan proyek secara logis, atau mengerjakan tugas-tugas rutin, tapi tidak untuk menghasilkan ide atau solusi kreatif.

Hanya saja, pola pikir lama ini biasanya sudah menjadi kebiasaan bagi kita, sehingga sulit untuk mengubahnya, kecuali secara sadar kita menyuruhnya untuk kreatif. Jadi, mulailah kini untuk belajar mengubah pola pikir lama atau mengeksplorasikan pikiran kita untuk berbagai ide dan masalah dari sudut pandang baru. Jangan biarkan pikiran kita terkungkung. Buka jalur baru dari pikiran kita.

Dalam menghadapi suatu situasi, misalnya, latih pikiran kita dengan berbagai variasi taktik. Tantang diri kita sendiri untuk membuat keputusan dalam cara yang berbeda atau variasikan pendekatan yang kita ambil. Mungkin bisa dengan cara memposisikan diri kita dalam “sepatu orang lain” atau dalam posisi lawan kita. Jika kita berada dalam posisi produsen, cobalah berpikir sebagai pihak konsumen sebelum kita menyelesaikan masalah. Dengan cara belajar memecahkan masalah dari sudut berbeda ini, maka kita pun akan memperluas perspektif kita.




2. “Olahragakan” Otak Kita

Bagaimanapun, otak seperti halnya tubuh, butuh dilatih dalam berbagai sisi. Jika kita tetap melakukan hal yang sama maka kita akan menerima sedikit keuntungan. Itulah mengapa orang yang bugar akan mencampur olahraga yang dilakukannya dari berbagai segi, mulai dari berlari, berenang, yoga, maupun angkat beban. Semuanya tak lain agar tubuh menerima hasil yang lebih baik. Lakukan hal yang sama pada pikiran kita. Berlatihlah melakukan rutinitas aktivitas dalam cara yang berbeda, misalnya ambil rute berbeda untuk sampai ke tempat pekerjaan, makan sesuatu yang berbeda dari yang biasa dilakukan setiap harinya, atau ubah gaya rambut dengan gaya yang baru. Semakin banyak hal yang Kita eksplorasi, lebih banyak hal lama yang terlupakan dalam otak Kita, sehingga memudahkan kita untuk berpikir lebih kreatif. Latih cara seperti ini berulang-ulang.


3. Lakukan Sesuatu yang Kita Pikir Berat

Untuk memperkuat kekuatan pikiran kita, kita juga perlu untuk membuat otak sedikit “berkeringat”. Jadi latih otak kita dengan sesuatu yang agak “berat”. Mulailah melakukan kegiatan pengisian teka-teki atau bergabung dalam permainan tebak kata anak kita. Bisa juga dengan mulai memperhatikan dokumen (yang secara normal tidak akan berada dalam ‘radar’ kita), lalu diskusikan buah pikiran kita tentang dokumen itu dengan seseorang. Cara lain, bacalah buku dengan subjek yang tak Kita ketahui tetapi menarik. Pokoknya, semakin jauh kita mengeksplor otak kita, semakin luas pikiran kita.


4. Bermimpilah

Beri juga kesempatan imajinasi kita berkelana. Bila kita terjebak kemacetan di jalan raya misalnya, daripada tidur, lebih baik layangkan mata Kita keluar dan perhatikan orang-orang di sekeliling kita. Mulailah layangkan pikiran kita ke awang-awang dan bermimpi, 5 menit saja. Buat skenario yang tak biasanya yang dapat terjadi pada kita hari itu. Bayangkan bila kita menjadi orang yang kita lihat saat itu. Lalu beri 3 argumen untuk melawan setiap pendapat yang muncul dalam pikiran kita. Latihan demikian akan membuat kita mulai memperhatikan hal-hal baru atau konsep baru.


5. Pasti Ada Jawabannya

Yang tak boleh dilupakan pula, salah satu kunci untuk menemukan jawaban yang kreatif atas sebuah pertanyaan adalah keyakinan dalam diri kita bahwa semua hal pasti ada jawabannya. Bagaimanapun peliknya masalah yang sedang kita hadapi, yakinlah bahwa pasti ada jawabannya. Yakinkan dalam diri bahwa pasti kita bisa mengatasi tantangan itu. Bila kita yakin bahwa selalu ada solusi untuk semua masalah, maka biasanya kita akan menemukan jalannya.


6. Berlatih Membalikkan Masalah (problem reversal)


Jika ada masalah yang sulit untuk dipecahkan, cobalah pikirkan kebalikan dari masalah tersebut, lalu cari jawabannya. Misalnya: “Bila semua orang ingin cuti dalam waktu bersamaan”. Coba balikkan menjadi: “Tak seorang pun ingin cuti”. Bila di kantor kita tak seorang pun ingin cuti, apa yang bakalan terjadi? Lalu pikirkan beberapa solusi untuk masalah tersebut. Dengan cara ini maka kita biasanya akan menemukan saluran berpikir baru dan menemukan gagasan-gagasan kasar yang bisa diterapkan untuk menyelesaikan masalah kita yang sebenarnya.


7. Tetap Tenang

Namun apa pun yang terjadi, cobalah tetap tenang. Semakin kita tenang saat memikirkan suatu masalah, maka semakin bebas alam bawah sadar kita dalam menghasilkan ide kreatif.


8. Tuliskan dalam Kertas

Kita juga bisa menggunakan secarik kertas dalam memunculkan ide-ide kreatif kita. Ambil selembar kertas dan tuliskan permasalah kita dalam bentuk pertanyaan. Lalu kembangkan paling sedikit 20 jawaban yang berbeda atas pertanyaan itu. Lalu pilih salah satu dari jawaban itu dan ambil langkah-langkah riil untuk menindaklanjutinya.






9. Rangsang Otak Kita

Untuk memunculkan banyak ide, maka otak kita juga harus kita “isi”. Bacalah banyak buku, majalah-majalah atau surat kabar yang ada di perusahaan. Kalau perlu, ambil beberapa kursus untuk menambah ilmu. Jangan lupa untuk banyak berinteraksi dan berbicara dengan teman-teman sebidang maupun lain bidang tentang banyak hal. Bisa juga dengan mempelajari beberapa bisnis dan industri lain. Bayangkan apa yang akan terjadi bila metode penjualan, produksi dan distribusi yang mereka lakukan ditransfer pada perusahaan kita. Munculkan beberapa gagasan dalam ide kita dan kembangkan. Jangan remehkan ide yang muncul, sekecil apa pun. Sebab, banyak sekali contoh kreativitas yang bermula dari hal-hal kecil namun akhirnya menjadi besar. Misalnya saja, ide membuat pin untuk membuka kaleng minuman ringan, asalnya ternyata dari cara orang membuka kulit pisang.



10. Lakukan pada Waktu yang Tepat

Ada beberapa orang yang merasa dapat berpikir produktif di pagi hari, beberapa orang lainnya justru di siang hari atau bahkan saat sore hari. Temukan kapan waktu “puncak” kita. Selesaikan masalah-masalah yang memerlukan pemikiran di waktu-waktu tersebut.



11. Beri “Dopping” Bila Diperlukan

Ada beberapa orang yang merasa baru bisa berpikir dan berkonsentrasi dengan baik bila setelah meminum secangkir kopi. Bila memang keadaan Kita demikian, kenapa tidak melakukannya? Namun hati-hati bila Kita rentan atau mudah terkena depresi, sebaiknya jauhkan diri dari sentuhan kopi karena akan berakibat buruk bagi sel-sel otak.



12. Menjaga Kebugaran Badan

Banyak yang percaya bahwa dengan berolah raga, maka kemampuan berpikir juga akan semakin menguat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke dalam otak, sehingga merangsang sel-sel otak untuk tumbuh lebih pesat. Meski penelitian belum membuktikan pKitangan ini akurat, rasanya tidak ada salahnya kalau dicoba.



13. Berkonsentrasilah

Bila lingkungan kita sangat berisik dan mengganggu konsentrasi, sementara Kita ingin mendatangkan ide yang bagus, cobalah menjauh lebih dahulu dari lingkungan tersebut. Bisa dengan menyendiri di tempat sepi atau masuk ke ruangan tertutup. Mulailah berkonsentrasi dan mengkreasikan banyak ide.



LATIHAN MEMPERCEPAT KERJA OTAK :

1. Untuk Komunikasi yang Lebih Baik

2. Latihlah dengan menulis, sedikitnya 50 kata setiap harinya.
Topiknya bisa apa saja. Yang penting buat karangan. Susunlah kata-kata itu seolah jika kita sedang menata bata di dinding. Setiap bata harus dengan tepat berada pada tempatnya, sehingga pekerjaannya menjadi tepat benar. Demikian juga dengan kata-kata, dengan kita sering berlatih menyusun kata-kata dengan benar, otak Kita jadi terlatih dan komunikasi kita pun biasanya jadi lebih baik.

3. Untuk Konsentrasi yang Lebih Baik

Untuk latihan agar bisa berkonsentrasi dengan labih baik, cobalah nyalakan lilin dan tempatkan pada meja kosong di depan kita. Pandang lilin itu selama 5 detik, kemudian tutup mata dan visualisasi setiap detail dari lilin tersebut. Bagaimana warna dan bentuknya, nyalanya, pancarannya, panasnya, serta tetesan lilinnya. Lihatlah berapa lama kita mampu memegang gambaran detail tadi dalam pikiran kita sebelum akhirnya hilang tak berbekas. Buka mata kita, dan cobalah ulangi kembali, sehingga kita pun akan lebih mahir dalam berkonsentrasi.

4 . Untuk Memori yang Lebih Baik

5. Katakanlah kita perlu mengingat daftar sesuatu yang harus dilakukan. Pertama kita harus membagi “daftar” tersebut dalam beberapa bagian, misalnya hal-hal yang di kerjakan di rumah, di kantor, di yayasan sosial yang kita ikuti dan lain-lain. Lalu visualkan tempat yang familiar dalam alam pikiran kita. Dalam alam pikiran, kita tinggalkan sebuah catatan tentang setiap tugas di tempat yang berbeda yang familiar untuk tempat tugas tersebut. Contohnya, jika kita hendak membelikan suami hadiah ulang tahun, maka kita akan tinggalkan catatan di meja rias, atau jika kita berniat membeli sesuatu untuk teman kantor, maka catatan akan ditempelkan di komputer. Dalam alam pikiran kita, kita meletakkan semua catatan itu pada tempatnya. Jadi, jika kita perlukan, kita tinggal “mengunjungi” catatan itu pada tempatnya.

Sumber: http://warta-id.blogspot.com

No comments:

"SHARE " ARTIKEL INI KE TEMAN -TEMAN ANDA :

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

"Klik di gambar atau tulisan2 diatas/dibawah ini ! "/"Click on Pictures or Text on above/below " :

.

Please "Click " on this pictures or text below :

Pasang banner iklan anda disini ..Hanya Rp 10 rb/BULAN ! . Hub Andi email aeroorigami @yahoo.com :

create your own banner at mybannermaker.com!

SELAMAT DATANG ...

DI SITUS BLOG.. BERITA HARIANKU ..


Situs blog “Berita harianku” adalah situs blog yang berisi aneka informasi meliputi: berbagai macam artikel menarik dan unik yang diambil dari berbagai situs, informasi berita harian dari berbagai situs : kompas, liputan 6, detik, media Indonesia , antara, tempo dll, juga terdapat aneka link situs informasi seputar kesehatan, pengetahuan, kuliner, wisata, serta info-info menarik lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Situs blog “Berita harianku “ hadir untuk membantu memberikan layanan aneka informasi bermanfaat bagi Anda, bukan bermaksud untuk “menjiplak”/”mengcopy” artikel, melainkan untuk membantu mengumpulkan berbagai artikel menarik dari berbagai situs agar semakin banyak diketahui masyarakat luas. Turut berperan dalam memperhatikan kode etik jurnalistik serta hak cipta, dengan cara mencantumkan dan mempopulerkan situs asal sumber artikel serta penulisnya. Atas keberatan pemuatan artikel di situs blog ini, atau kritik dan saran, mohon kirim email ke aeroorigami@yahoo.com.

Segala bentuk layanan penjualan atau iklan di situs ini, bukan merupakan sebuah rekomendasi melainkan hanya sebagai penyampai informasi saja… Nikmati sajian informasi dari situs blog “Berita harianku” dan…Jadikan situs ini sebagai “teman” bacaan online Anda setiap harinya..!

_________________________________________________________________________________________


Search on "Google" :